Ringankan Beban Masyarakat Akibat El Nino, Mendag Akan Salurkan Bantuan

Gusti Ridani
Kamis, 27 Jul 2023 15:12
Ringankan Beban Masyarakat Akibat El Nino, Mendag Akan Salurkan Bantuan
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan saat menghadiri kongres ASEAN di Hotel Gammara, Kamis (27/7/2023). Foto: SINDO Makassar/Gusti Ridani
Comment
Share
MAKASSAR - Fenomena El Nino diperkirakan akan melanda Indonesia. Puncak skala moderate fenomena alam ini diprediksi terjadi pada Agustus dan September.

Oleh karena itu, semua pihak diminta bersiap-siap menghadapi risiko kekeringan yang luas di berbagai wilayah. Adapun dampaknya dapat berpengaruh pada ketersediaan bahan makanan.

Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan mengatakan, saat ini beberapa harga komoditas berada pada titik mengkhawatirkan. Hal ini disebabkan mengeringkannya sungai-sungai di Indonesia.



"Sebelumnya saya sudah janji beli beras 1 juta ton dari India, tapi sekarang tidak boleh. Karena mereka juga belum terpenuhi kebutuhannya (akibat El Nino)," terangnya usai menghadiri kongres ASEAN di Hotel Gammara, Kamis (27/7/2023).

Akan tetapi, kata dia, ketersediaan beras dalam negeri masih stabil untuk saat ini. Adapun untuk komoditas lain selain ayam dan telur harganya relatif stabil.

"Mulai Oktober-Desember kita akan luncurkan Rp8 triliun bantuan ke masyarakat," pungkasnya.



Untuk saat ini pihaknya tidak akan melakukan impor untuk memenuhi kebutuhan RI, kecuali komoditas yang tidak ditanam dalam negeri seperti gandum.

"Yang kita impor seperti gandum kita kan tidak bisa tanam, kedelai, yang kita bisa padi, jagung, garam itu tidak akan kita impor, kecuali untuk industri kita impor," jelasnya.

Ia pun berjanji untuk memberikan subsidi untuk masyarakat yang terdampak El Nino di Indonesia. Selain karena El Nino, menurutnya meroketnya harga ayam dan telur juga disebabkan harga yang terlalu murah saat lebaran Idul Adha.



"Soal ayam dan telur nanti pakannya kita subsidi, kalau naik lagi, ongkosnya kita tanggung agar cepat turun," tutur Ketua Umum PAN itu.
(MAN)
Berita Terkait
Berita Terbaru