home news

ASEAN Architect Congress, Momentum Dorong Daya Saing Arsitek Indonesia

Jum'at, 28 Juli 2023 - 09:25 WIB
Kota Makassar menjadi tuan rumah ASEAN Architect Congress atau Kongres Arsitek ASEAN. Event akbar ini mempertemukan ratusan arsitek se-Asia Tenggara. Foto/Gusti Ridani
Kota Makassar menjadi tuan rumah ASEAN Architect Congress atau Kongres Arsitek ASEAN. Event akbar ini mempertemukan ratusan arsitek se-Asia Tenggara.

Menteri Perdagangan RI, Zulkifli Hasan yang juga hadir dalam pembukaan kegiatan tersebut menyampaikan pihaknya telah menyelesaikan banyak perjanjian perdagangan jasa baik ASEAN maupun negara lainnya. Oleh karena itu, pihaknya mendorong arsitek Indonesia untuk terus berinovasi agar mampu bersaing secara kualitas sumber daya manusia (SDM) dengan negara lain.

Baca Juga:Pemkot Makassar Gandeng Brimob Kembangkan Kapasitas Personel Satpol PP

"Sekarang itu kerjasama dan kemampuan SDM kita jadi kuncinya. Kita sudah punya yang namanya AFAS (Asean Framework Agreement on Services). Jadi halangan dan hambatan itu sudah tidak ada lagi," ujarnya usai membuat Kongres Arsitek Asean ke 4 tahun di Makassar, Kamis (27/7/23).

Adapun ASEAB Framework Agreement on Services (AFAS) merupakan bentuk kerjasama untuk mencapai integrasi ekonomi ASEAN di bidang jasa. Dengan adanya perjanjian tersebut, arsitek Indonesia bisa bekerja secara bebas di Asean bahkan dunia.

"Jadi pasarnya luas. Tapi itu tergantung kemampuan arsitek kita, tinggal adu kemampuan saja," tegasnya.

Ketua umum partai PAN itu pun berharap, dengan adanya Kongres Arsitek Asean ini dapat menjadi ajang komunikasi dan memperluas kerjasama. Sebab, kata dia, Indonesia memiliki SDM di bidang arsitek cukup banyak. Event ini diharapkan pula menjadi momentum mendorong daya saing arsitek Indonesia.
Baca Selanjutnya
Bagikan artikel ini:
Berita Lainnya
berita lainnya