home news

Satpol PP Provinsi Sulsel Jadi OPD Paling Tertib Arsip

Jum'at, 15 Desember 2023 - 08:46 WIB
Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Sulsel menjadi satu-satunya OPD paling tertib arsip setelah melakukan pemusnahan arsip inaktif sebanyak tiga kali selama 2023. Foto: Istimewa
Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Sulsel menjadi satu-satunya OPD paling tertib arsip setelah melakukan pemusnahan arsip inaktif sebanyak tiga kali selama 2023.

Hal ini disampaikan Kepala Bidang Kearsipan, Muhlis Mallajareng yang mewakili kepala dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispus Arsip) Sulsel saat melakukan pemusnahan arsip pada organisasi perangkat daerah (OPD) lingkup Pemprov Sulsel.

Baca Juga: Mahasiswa Sulsel Galang Kekuatan Milenial Terlibat Dalam Mimbar Demokrasi

Pemusnahan arsip disaksikan langsung Kasatpol PP Sulsel, Andi Arwin Azis didampingi Sekretaris, Pejabat Struktural dan Pejabat Fungsional Satpol PP Sulsel.

Muhlis mengatakan, fungsi arsiparis yang ada di setiap OPD sangat penting. Mereka memilah arsip ke dalam tiga kategori yakni arsip aktif, arsip vital dan arsip inaktif.

"Arsip inaktif ini yang dimusnahkan karena penggunaannya sudah menurun," ujar Muhlis di Kantor Satpol PP Sulsel, Kamis (14/12/2023).

Menurutnya, tugas arsiparis tergolong cukup berat karena membutuhkan ketelitian. Sayangnya, tenaga arsiparis kurang mendapat perhatian dari instansinya. Karena itu, ia mendorong pimpinan OPD memberi dukungan serta apresiasi kepada tenaga arsiparisnya. Terlebih ke depan, tenaga arsiparis akan menjadi motor penggerak Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (SRIKANDI) yang mulai akan diterapkan.
Baca Selanjutnya
Bagikan artikel ini:
Berita Lainnya
berita lainnya