home news

Cahaya Ramadan: Menembus Tembok Cina

Minggu, 24 Maret 2024 - 11:30 WIB
Rektor Kalla Institute & Direktur Athirah, Dr Syamril ST M Pd. Foto: Istimewa
Dr Syamril ST M Pd(Rektor Kalla Institute & Direktur Athirah)

TAHUKAH Anda berapa lama pembangunan Tembok Cina yang panjangnya 8.851 km? Menurut Wikipedia, pembangunan dimulai pada tahun 722 SM dan berakhir pada masa Dinasti Ming tahun 1644. Pembangunannya memerlukan waktu ribuan tahun dengan biaya dan tenaga yang sangat besar.

Bahkan pada masa Dinasti Qin tahun 220 SM pembangunan melalui kerja paksa menyebabkan jatuhnya korban jutaan rakyat. Akibatnya rakyat memberontak sehingga Dinasti Qin jatuh. Pembangunan pun terhenti sampai kemudian dilanjutkan oleh Dinasti Han dan diselesaikan oleh Dinasti Ming.

Untuk apa Tembok Cina dibangun? Tentu saja untuk pertahanan yaitu melindungi Cina dari serangan bangsa lain di sekitarnya. Dan terbukti selama ribuan tahun Cina bisa aman dari gangguan musuh terutama pada saat militer Cina tidak terlalu kuat. Kalau militer Cina kuat tentu saja bangsa lain tidak berani menyerang.

Baca Juga: Cahaya Ramadan: Ramadan Bersama Nabi SAW

Salah satu bangsa yang ditakuti oleh Cina yaitu Bangsa Mongol pada masa kejayaannya khususnya saat dipimpin oleh Jenghis Khan dan anak cucunya. Mereka pun mencoba menyerang Cina dan sulit juga menembusnya karena Tembok Cina yang kuat. Namun bangsa Mongol tidak menyerah. Apa yang mereka lakukan? Mereka mencari titik lemah Tembok Cina dan akhirnya ketemu.

Di mana titik lemahnya? Ternyata bukan pada bangunan fisiknya tapi pada bangunan non fisiknya yaitu manusia yang bertugas sebagai “penjaga pintu gerbang”. Apa yang dilakukan oleh bangsa Mongol untuk menembusnya? Diberinya sogokan uang kepada penjaganya dan akhirnya mereka bisa masuk dengan mudah.
Baca Selanjutnya
Bagikan artikel ini:
Berita Lainnya
berita lainnya