home news

BMKG Sulsel Prediksi Awal Musim Kemarau Bulan April-Juni 2024

Senin, 01 April 2024 - 15:26 WIB
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sulawesi Selatan (Sulsel), memprediksi awal musim kemaru di Provinsi Sulsel tahun ini masuk pada bulan April-Juni tahun 2024. Foto: Maman Sukirman
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sulawesi Selatan (Sulsel), memprediksi awal musim kemaru di Provinsi Sulsel tahun ini masuk pada bulan April-Juni tahun 2024.

Koordinator Data & Informasi Stasiun Klimatologi Sulawesi Selatan, Syamsul Bahri, mengatakan berdasarkan monitoring musim kemarau update Maret 2024 menunjukkan belum ada wilayah di Sulawesi Selatan yang telah memasuki musim kemarau.

Baca Juga: Hujan Guyur Makassar, BMKG: Musim Transisi dari Kemarau ke Hujan

"Pantauan hari tanpa hujan berturut-turut update 31 maret 2024 menunjukkan di sebagian besar wilayah Sulawesi Selatan masih terjadi hujan," katanya saat melakukan rilis hasil prediksi musim kemarau di Sulsel, Senin, (01/04/2024).

Dirinya menjelaskan, berdasarkan analisis dan prediksi kondisi dinamika atmosfir-laut yang berperan dalam pembentukan cuaca-iklim di Indonesia dapat disampaikan bahwa prakiraan musim Kemarau 2024 Provinsi Sulawesi Selatan meliputi 24 zona musim.

"Awal musim kemarau di Sulawesi Selatan diprediksi akan terjadi pada bulan April-Juni 2024 di bagian selatan hingga tengah Sulawesi Selatan dan akan terjadi di bulan Juli-Agustus 2024 di bagian timur dan utara Sulawesi Selatan serta di sebagian selatan Sulawesi Selatan," lanjutnya.

Dibandingkan dengan rata-rata data 30 tahun (1991-2020), awal musim kemarau, lanjutnya, diprakirakan umumnya “Maju” 1-3 dasarian. Sifat hujan selama musim kemarau 2024 diprakirakan umumnya Normal.
Baca Selanjutnya
Bagikan artikel ini:
Berita Lainnya
berita lainnya