home news

75 Pengungsi Internasional di Sulsel Diberangkatkan ke Negara Ketiga

Senin, 06 Mei 2024 - 08:57 WIB
Pihak Pusat Penelitian dan Pengembangan Hukum Badan Strategi Kebijakan (BSK) Kementerian Hukum dan HAM saat meninjau salah satu Community House Pengungsi di Makassar. Foto: Kemenkumham Sulsel
75 pengungsi internasional yang berada di wilayah Sulawesi Selatan (Sulsel) sudah diberangkatkan ke negara ketiga sepanjang 2024. Saat ini, masih ada 1.029 pengungsi lagi.

Data ini terungkap saat Kepala Pusat (Kapus) Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Hukum Badan Strategi Kebijakan (BSK) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Jamaruli Manihuruk meninjau tiga Community House Pengungsi di Kota Makassar.

"Kunjungan ini dilaksanakan beberapa waktu yang lalu di tiga Community House Kota Makassar, tepatnya di Wisma D'Khanza, Pondok Nugraha dan Wisma Mustika 1," ungkap Jamaruli dikutip dari website Kemenkumham, Sabtu 4 Mei.

Jamaruli juga melakukan koordinasi dengan United Nations High Commissioner for Refugees(UNHCR) di Kota Makassar. Dari koordinasi tersebut, ia mendapat beberapa informasi.

Baca juga: Kemenkumham RI Sosialisasi Layanan Merek Dagang di Maros

"Pertama, pengungsi yang berada di wilayah Sulawesi Selatan saat ini sebanyak 1.029 Orang. Kedua, pada tahun 2023 pengungsi yang sudah diberangkatkan ke negara ketiga sebanyak 377 orang," kata dia.

Ketiga, selain jalur ressetlment, pengungsi dapat mengajukan melalui jalur complimentry pass way untuk proses keberangkatkan ke negara ketiga.
Baca Selanjutnya
Bagikan artikel ini:
Berita Lainnya
berita lainnya