home news

Pemprov Sulsel Launching Aplikasi PILAR, Wujudkan Layanan Publik Berkualitas

Selasa, 07 Maret 2023 - 16:21 WIB
Pemprov Sulsel melaunching aplikasi Pusat Informasi Layanan Aduan Siber dan Persandian (PILAR) di Hotel Gammara, Kota Makassar, Selasa (7/3/2023). Foto/Gusti Ridani
Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel melaunching aplikasi Pusat Informasi Layanan Aduan Siber dan Persandian (PILAR) di Hotel Gammara, Kota Makassar, Selasa (7/3/2023).

Aplikasi PILAR secara resmi diluncurkan oleh Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman bersama Plt Deputi Bidang Keamanan Siber dan Sandi Pemerintahan dan Pembangunan Manusia (Deputi III) BSSN, Hasto Prastowo.

Baca Juga:Pemprov Sulsel Proyeksikan Bantaeng jadi Percontohan Peningkatan Ekonomi Daerah

Aplikasi PILAR merupakan upaya Pemprov Sulsel yang disupport oleh BSSN dalam mendorong terwujudnya tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan dan akuntabel. Serta peningkatan pelayanan publik yang berkualitas, melalui penerapan sistem pemerintahan berbasis elektronik yang sering disebut SPBE atau Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik.

Dengan semakin masifnya penerapan SPBE pada masing-masing instansi, dimulai dari Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah sampai unit terkecil di sebuah wilayah bertujuan mewujudkan tata kelola pemerintahan yang efektif dan transparan sehingga pelayanan publik dapat berjalan secara optimal.

Namun hal tersebut membuka celah kerawanan dan potensi ancaman terhadap keamanan informasi yang tidak hanya dari segi kerahasiannya juga dari segi keutuhan, keaslian, ketersediaan dan anti penyangkalannya.

Menanggapi hal tersebut, Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, mengatakan dalam hal ini Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (diskominfo-SP) Bersama BSSN sebagai leading sektor dalam menjaga keamanan informasi dan siber Indonesia khususnya di wilayah Sulsel telah melakukan berbagai langkah strategis untuk mewujudkan keamanan siber nasional.
Baca Selanjutnya
Bagikan artikel ini:
Topik Terkait :
pemprov sulsel pelayanan publik
Berita Terkait
Berita Lainnya
berita lainnya