home news

Pilgub Sulsel Berpotensi Hanya Tiga Terbetuk Poros

Rabu, 22 Mei 2024 - 10:15 WIB
Sejumlah bakal calon pada pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulawesi Selatan, terus bergerak untuk mencari dukungan partai politik, sebagai syarat maju pada kontestasi lima tahunan November mandatang.
Sejumlah bakal calon pada pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulawesi Selatan, terus bergerak untuk mencari dukungan partai politik, sebagai syarat maju pada kontestasi lima tahunan November mandatang. Bahkan sejauh ini berpotensi melahirkan tiga poros.

Saat ini ada tiga kandidat yang getol bergerilya ke sejumlah partai politik untuk membangun komunikasi, yakni Andi Sudirman Sulaiman terus mendekat ke Partai Gerindra dan Nasdem Sulsel, kemudian ada Ilham Arief Sirajuddin terus membangun komunikasi dengan Partai Demokrat, Golkar hingga PKB Sulsel, dan terakhir ada Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto yang optimistis bisa disusung oleh PIDP dan PPP.

Baca Juga: To Lempuq, KPU Perkenalkan Maskot Pilgub Sulsel

Sementara figur lain, bisa jadi menjadi 02 pada Pilgub Sulsel kali ini, seperti yang paling kuat yakni kader Nasdem Sulsel Fatmawati Rusdi yang terus dikaitkan berpasangan dengan Andi Sudirman Sulaiman, kemudian ada Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan dan Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani yang bisa saja berpaket dengan IAS serta Danny Pomanto di Pilgub mendatang.

Pengamat Politik Sulsel Sukri Tamma menjelaskan, jika melihat nama dan aktivitas sejumlah bakal calon yang ada pada kontestasi Pilgub Sulsel ini terlihat hanya bisa terbentuk tiga poros pasangan. Meski untuk saat ini hanya Partai Nasdem Sulsel yang punya golden tiket yang bisa mengusung langsung pasangan calon.

"Kalau melihat nama-nama yang muncul saat ini bisa saja hanya tiga poros yang terbentuk, dan sangat sulit kalau ada nama baru yang muncul dengan sisa berapa bulan lagi penddaftaran," kata dia saat dikonfirmasi SINDO Makassar, Selasa, (21/05/2024).

Dirinya menjelaskan, ketiga poros tersebut yakni poros pertama dari Mantan Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman yang sekarang terus dipasangkan dengan Fatmawati Rusdi dengan membangun koalisi Gerindra dan Nasdem. "Meski Nasdem sebagai pemenang pemilu kemarin, juga tetap mencari mitra lain, dan poros pertama ini bisa terbentuk," katanya.
Baca Selanjutnya
Bagikan artikel ini:
Berita Lainnya
berita lainnya