To Lempuq, KPU Perkenalkan Maskot Pilgub Sulsel 2024

Ahmad Muhaimin
Selasa, 21 Mei 2024 21:28
To Lempuq, KPU Perkenalkan Maskot Pilgub Sulsel 2024
KPU Sulsel meluncurkan To Lempuq sebagai maskot di Pilgub Sulsel 2024. Foto: Istimewa
Comment
Share
MAKASSAR - KPU Sulsel meluncurkan To Lempuq sebagai maskot di Pilgub Sulsel 2024. Dalam maknanya, To Lempuq adalah orang yang jujur dan sanggup mengaplikasikan Kata atau Bahasa dan perbuatan sesuai dengan slogan orang Bugis “Taro ada, taro gau”.

Dalam kontestasi Pemilihan Gubernul Sulawesi Selatan yang akan dihadapi, memerlukan jiwa dan semangat yang jujur berani serta bertanggung jawab dalam melaksakan amanah rakyat dalam memilih pemimpin yang jujur, serta adil dan mampu mensejahterakan masyarakat yang dipimpinannya serta memajukan pembangunan, baik infrastruktur maupun sumber daya manusianya.

Dalam karakter Maskot Pilgub Sulsel 2024 ini menampilkan sebuah tokoh kartunal berupa kotak suara dengan memakai hiasan kepala yakni Songko' Recca' (songkok khas Bugis Makassar dan Sulawesi Selatan) sebagai perlambangan anggun, amanah, jujur, berwibawa dan penuh etika dalam berbudaya.



Disandingkan dengan sarung berwarna keemasan dengan tulisan Lontara' yang bertuliskan “Sulawesi Selatan” adalah aksara yang dipakai suku bugis Makassar di Sulawesi Selatan melambangkan kecerdasan baik dari segi pengetahuan dan adab yang dijunjung tinggi sebagai suku yang berbudaya yang hidup bermasyarakat.

Pada tangan kiri memegang sebuah surat suara yang menandakan waktu pemungutan suara pada Pilkada Serentak Tahun 2024 dan pada kelingking jari tangan kanan tanda memberikan hak suaranya sebagai simbol hak setiap warga negara berpartisipasi dalam Pemilihan Kepala Daerah.

Alas kaki yang dipakai adalah sendal Terompa (khas jaman dulu) melambangkan kesederhanaan, jauh dari kemewahan dan jauh dari politik uang dalam melaksakan amanah yang diembannya. Warga Sulawesi Selatan dikenal ramah dan penuh sopan santun sehingga digambarkan ikon maskot yang senantiasa senyum kkhlas dengan siapa saja baik kawan maupun lawan.
(UMI)
Berita Terkait
Berita Terbaru