home news

Rashdul Qiblah, Masyarakat Bisa Kalibrasi Arah Kiblat Mandiri Hari Ini

Senin, 27 Mei 2024 - 09:05 WIB
Proses kalibrasi arah kiblat di salah satu masjid. Foto: Kemenag
Rashdul Qiblah atau peristiwa di mana matahari melintas tepat di atas kakbah akan terjadi hari ini dan besok Selasa 28 Mei. Momentum ini dapat dijadikan masyarakat muslim mengkalibrasi arah kiblat.

Hal itu diutarakan Kepala Kanwil Kemenag Sulsel H Muh Tonang. Ia mengajak insan Kementerian Agama dan seluruh elemen masyarakat untuk ikut serta melakukan kalibrasi arah kiblat memanfaatkan peristiwa Rashdul Qiblah.

Ajakan ini tidak lepas dari imbauan Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Ditjen Bimas Islam untuk menggelar pengukuran arah kiblat secara serentak di tempat-tempat ibadah, kantor-kantor dan di rumah masing-masing.

Muh Tonang berpesan kepada pegawai Kementerian Agama se-Sulsel untuk turut terlibat aktif pada kegiatan tersebut.

Ia juga menginstruksikan kepada Kakan Kemenag kab/kota untuk berkoordinasi dengan pemerintah setempat agar masyarakat luas bisa ikut mengambil bagian pada fenomena alam yang terjadi hanya sekali setahun itu.

Baca juga: Kemenag Susun Peta Jalan Pengembangan Pendidikan Pesantren

"Momen ini saya harap disebarluaskan agar bisa dimanfaatkan oleh masyarakat untuk mengoreksi arah kiblat di tempat masing-masing mengingat pentingnya arah kiblat dalam pelaksanaan ibadah salat,” imbaunya.
Baca Selanjutnya
Bagikan artikel ini:
Berita Lainnya
berita lainnya