home news

Peta Kekuatan Politik Sulsel Mulai Terbentuk

Selasa, 28 Mei 2024 - 09:55 WIB
Peta kekuatan pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel, mulai terbentuk. Bahkan sejumlah partai politik mulai menyiapkan jagoannya pada kontestasi digelar November mendatang. Foto: Ilustrasi
Peta kekuatan pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel, mulai terbentuk. Bahkan sejumlah partai politik mulai menyiapkan jagoannya pada kontestasi yang digelar November mendatang.

Yang paling pertama mengusulkan pasangan calon yakni DPW Nasdem Sulsel yang memaketkan Andi Sudirman Sulaiman dengan kadernya Fatmawati Rusdi. Pasangan ini sudah diusulkan ke pusat agar secara resmi menjadi usungan partai mereka. Apalagi Nasdem sendiri punya 17 kursi bisa mengusung sendiri pada Pilgub Sulsel.

Baca Juga: Putri Dakka Sebut Belajar Politik & Kemanusiaan dari RMS

Meski demikian, langkah Nasdem Sulsel ini langsung mendapat dukungan dari Partai Amanat Nasional (PAN). Partai besutan, Ashabul Kahfi di Sulsel ini memberi dukungan kepada pasangan calon tersebut. Bahkan menyebut Gerindra segera merapat.

"Kita (PAN) akan bersama-sama NasDem-Gerindra di Pilgub, apalagi wakilnya Pak ASS dari NasDem yaitu Fatmawati Rusdi," kata Kahfi usai pertemuan dengan Ketua DPW NasDem Sulsel, Rusdi Masse, Senin (27/5/2024).

Jika koalisi tersebut terbentuk, maka pasangan Andi Sudirman-Fatmawati Rusdi ini akan mengantongi 34 kursi, dengan rincian Nasdem 17 kursi, Gerindra 13 kursi dan PAN mengontrol 4 kursi. Belum lagi jika PKS dengan tujuh kursi ikut bergabung, meski belum ada pernyataan resmi dari parpol ini.

Meski demikian, tim Andi Sudirman Sulaiman belum berhenti untuk mencari dukungan agar bisa mulus maju di Pilgub Sulsel, mereka bahkan mendaftar di PKB, PAN dan PKS dalam sehari, setelah namanya diusul oleh Nasdem.
Baca Selanjutnya
Bagikan artikel ini:
Berita Lainnya
berita lainnya