home news

Petakan Kerawanan Pemilihan Kepala Daerah Serentak Tahun 2024

Kamis, 27 Juni 2024 - 08:24 WIB
Menko Polhukam Hadi Tjahjanto bersama Mendagri Tito Karnavian Didampingi Pj Gubernur Sulsel Prof Zudan Arif Fakhrulloh dalam Rakor Kesiapan Penyelenggaraan Pilkada Serentak 2024. Foto: Istimewa
Pemerintah terus melakukan persiapan jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkda) Serentak yang digelar 27 November 2024 mendatang, termasuk mellakukan pemetaan kerawanan di sejumlah daerah.

Hal ini disampaikan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Hadi Tjahjanto, dalam Rapat Koordinasi Kesiapan Penyelenggaraan Pilkada Serentak 2024 Wilayah Kalimantan, Sulawesi, dan Maluku yang diselenggarakan di Makassar, Rabu, (26/06/2024).

Baca Juga: Bawaslu Sulsel Mulai Petakan Kerawanan Pilkada 2024

Dirinya mengatakan Pilkada Serentak 2024 telah memiliki satu aspek dalam penyelenggaraannya, yakni sinergi TNI-Polri untuk menjaga netralitas untuk menjaga kondisi.

Ia mengatakan, kalau lihat di film Ipin dan Upin, itu ibarat TNI dan Polri jalan bersama-sama, ke mana-mana. Kalau sudah lihat TNI dan Polri jalan beriringan, artinya negara sudah aman tanpa adanya gangguan.

Menurut dia, dengan adanya sinergi dan netralitas, maka pelaksanaan Pilkada Serentak 2024 akan dijamin aman di seluruh wilayah Indonesia.

“Apalagi saat ini juga hadir yang menjaga keamanan dalam pelaksanaan pemilu, yaitu Gakkumdu (Sentra Gakkumdu), Penegakan Hukum Terpadu. Ada Bawaslu (Badan Pengawas Pemilu), ada Jaksa, ada Kepolisian. Jelas langsung mendengarkan apa yang akan kita sampaikan,” ujarnya.
Baca Selanjutnya
Bagikan artikel ini:
Berita Lainnya
berita lainnya