home news

Pentingnya Memahami 4 Pilar Literasi Digital di Media Sosial

Minggu, 12 Maret 2023 - 13:30 WIB
Kesatuan Pemuda Indonesia menggelar dialog bertema Peran Media Sosial dalam Pusaran Opini Publik di salah satu kafe di Kota Makassar, Sabtu (11/3/2023) kemarin. Foto/Istimewa
Kesatuan Pemuda Indonesia menggelar dialog bertema 'Peran Media Sosial dalam Pusaran Opini Publik' di salah satu kafe di Kota Makassar, Sabtu (11/3/2023) kemarin.

Diskusi yang dipandu oleh Direktur Balla' Inklusi, Abd Rahman, menghadirkan dua narasumber yakni Ketua Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI) Sulsel, Syamsu Rizal dan Komisioner Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sulsel, Riswansyah Muchsin.

Baca Juga:Gelar Library Talks, BI Ajak Masyarakat Giatkan Literasi di Era Digital

Deng Ical-sapaan akrab Syamsu Rizal, memaparkan tingkat pertumbuhan pengguna media sosial di Indonesia meningkat signifikan. Hasil survei pada 2022 menunjukkan bahwa pengguna aktif media sosial di Indonesia naik 6 persen, dari 71 persen menjadi 77,9 persen.

"Tingkat pertumbuhan pengguna media sosial digital melebihi semua negara di dunia, termasuk insentitas waktu penggunaannya," kata Deng Ical.

Sayangnya, literasi digital baru masif dimulai pada 2022. Deng Ical menerangkan ada empat literasi digital yang harus dipahami pengguna media sosial. Masing-masing yakni etika digital, budaya digital, kemampuan digital, dan keamanan digital.

Ia menegaskan, literasi digital adalah sebuah keniscayaan yang harus dipelajari, sehingga para pengguna media sosial bisa mengembangkan potensi mereka. "Nah, 4 pilar literasi digital bermuara pada aspek produktivitas yang bisa kita bangun, kalau menguasai aspek teknis di literasi digital," katanya.
Baca Selanjutnya
Bagikan artikel ini:
Berita Lainnya
berita lainnya