home sulbar

Perkuat Keamanan & Penegakan Hukum terhadap Orang Asing lewat Timpora

Selasa, 21 Maret 2023 - 02:26 WIB
Peserta Rapat Koordinasi Timpora Tingkat Kabupaten dan Tingkat Kecamatan se-Kabupaten Majene berfoto bersama di Aula Sandeq Hotel Villa Bogor Majene pada Kamis (16/3/2023) lalu. Foto/Imigrasi Polman
Kepala Bidang Intelijen dan Penindakan Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Sulbar, Soeryo Tarto Kisdoyo, mengungkapkan kehadiran Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) sangat penting. Timpora dapat mendukung penguatan keamanan daerah dan penegakan hukum terkait keberadaan orang asing.

Hal ini disampaikan Soeryo dalam Rapat Koordinasi Timpora Tingkat Kabupaten dan Tingkat Kecamatan se-Kabupaten Majene di Aula Sandeq Hotel Villa Bogor Majene pada Kamis (16/3/2023) lalu.

Baca Juga:Teken Kerja Sama, Imigrasi Polman Dekatkan Layanan Paspor di Mamasa

Rakor Timpora ini dihadiri oleh instansi yang tergabung sebagai anggota Timpora lingkup Majene. Di antaranya yakni pemerintah kabupaten, TNI-Polri dan instansi vertikal yang ada di Majene, serta Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Sulbar.

Adapun rakor Timpora kali ini dibuka oleh Soeryo mewakili Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Sulbar. Pada kesempatan itu, ia memaparkan materi terkait tugas dan fungsi Timpora dan jenis-jenis visa serta izin tinggal.

Selain itu, Soeryo menjelaskan pengawasan terhadap orang asing dimulai bukan hanya saat orang asing tersebut tiba di Indonesia. Sejatinya, pengawasan sudah dilakukan sejak orang asing tersebut mengajukan visa untuk datang ke Indonesia, dengan melakukan penelitian perihal maksud kedatangan orang asing tersebut ke wilayah Indonesia.

Selanjutnya pengawasan dilakukan juga saat orang asing tersebut masuk di Tempat Pemeriksaan Imigrasi. Metodenya dengan melakukan pemeriksaan dokumen perjalanan dan profiling tentang tujuan dan kegiatan yang akan dilakukan selama berada di Indonesia.
Baca Selanjutnya
Bagikan artikel ini:
Berita Lainnya
berita lainnya