home sulbar

Mahasiswa Polipangkep Juara 1 Kompetisi Esai Ilmiah Nasional

Kamis, 01 Juni 2023 - 13:01 WIB
Penyerahan hadiah kepada mahasiswa Polipangkep usai menjuarai Kompetisi Esai Ilmiah Nasional. Foto: Istimewa
Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan (Polipangkep) berhasil meraih juara 1 kompetisi Esai Perikanan dan Kelautan Tingkat Nasional. Kompetisi ini digelar Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Universitas Halu Oleo (UHO). Penilaian grand final digelar di Hotel Claro Kendari, Rabu 31 Mei 2023.

Tahapan kompetisi dimulai saat mengumpulkan esai, penentuan topik, sumber data informasi, penguasaan materi, dan performa tampilan. Tim dari Polipangkep diketuai Riska dan anggota Hernawati, keduanya adalah mahasiswa Program Studi (Prodi) Pengolahan dan Penyimpanan Hasil Perikanan (P2HP).

Mahasiswa Polipangkep menyisihkan beberapa perguruan tinggi di tahap grand final. Akhirnya, mahasiswa Polipangkep keluar sebagai pemenang dalam kompetisi ini, disusul Universitas Halu Oleo sebagai juara II dan juara III diraih Universitas Hasanuddin.

Baca juga: 300 Siswa SMA 2 Parepare Berkunjung ke Politani Pangkep

Esai ilmiah yang meraih juara tersebut berjudul ‘Valorisasi Hasil Samping Udang dan Bandeng Sebagai Sediaan Stealth Biomaterial Kapal Selam Tempur Indonesia’. Esai ini mengupas tentang limbah cangkang udang dan tulang ikan bandeng yang dapat dimanfaatkan kembali untuk menjadi bahan teknologi kamuflase kapal selam militer Indonesia.

Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) UHO, Dr. Asriyana mengungkapkan bahwa dari proses penilaian, yang memenuhi kriteria juara kelautan dan perikanan sudah bisa diketahui.

Baca Selanjutnya
Bagikan artikel ini:
Topik Terkait :
politani pangkep
Berita Terkait
Berita Lainnya
berita lainnya