300 Siswa SMA 2 Parepare Berkunjung ke Politani Pangkep

Tim Sindomakassar
Rabu, 17 Mei 2023 13:11
300 Siswa SMA 2 Parepare Berkunjung ke Politani Pangkep
Sebanyak 300 siswa UPT SMA Negeri 2 Parepare kunjungi Politani Pangkep dalam giat field study pada Rabu, (17/05/2023). Foto: Istimewa
Comment
Share
PANGKEP - Sebanyak 300 siswa UPT SMA Negeri 2 Parepare kunjungi Politani Pangkep dalam giat field study pada Rabu, (17/05/2023).

Kunjungan ratusan siswa ini didampingi oleh 47 orang guru dengan tujuan mendapatkan informasi mengenai materi pembelajaran melalui fasilitas laboratorium dan workshop yang ada di Poli Pangkep. Selain itu, kunjungan ini diharapkan dapat memperkenalkan dunia kampus vokasi kepada siswa SMA.



Rombongan SMA 2 Parepare diterima langsung oleh Direktur dan jajarannya di Gedung Terintegrasi Politani Pangkep. Direktur Politani Pangkep, Dr Darmawan mengucapkan terima kasih atas kunjungan siswa SMA 2 Parepare yang mengunjungi kampus Poli Pangkep untuk menambah wawasan.

“Selamat datang di kampus kami, Ananda sekalian dapat menyaksikan gambaran bagaimana belajar di Perguruan Tinggi. Politeknik Pertanian Negeri Pangkep ini merupakan kampus vokasi yang orientasinya pada kompetensi keterampilan. Fasilitas yang diberikan oleh pemerintah di Perguruan Tinggi ini dapat digunakan untuk memahami materi pembelajaran,” pungkas Darmawan.

Ditambahkan pula oleh Direktur bahwa di Poli Pangkep terdapat berbagai laboratorium, workshop, dermaga pendidikan, dan kapal latih. Berbagai fasilitas di Poli Pangkep difungsikan untuk menunjang pencapaian keterampilan.

Pada kesempatan ini, Direktur memperkenalkan 6 Jurusan di Poli Pangkep yang pada awalnya di bidang perikanan, tetapi bertambah jurusan di bidang pertanian dan bisnis.

“Poli Pangkep termasuk 10 besar Politeknik terbaik di Indonesia, bahkan guru dari SMA 2 Parepare dapat melanjutkan pendidikan Pascasarjana terapan di Poli Pangkep dalam bidang ketahanan pangan. Komunikasi dan kerja sama perlu terus kita lakukan dengan kunjungan seperti ini agar bisa langsung melihat situasi kampus," terang Direktur.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas Irman Rahman sebagai penanggung jawab kegiatan mengungkapkan bahwa field study ini dilakukan untuk menjalin silaturahmi dan merupakan program kerja sekolah.



“Kunjungan ini merupakan ajang bagi siswa untuk healing agar tidak bosan belajar di kelas. Mereka bisa mendapatkan pengetahuan dengan cara yang berbeda sehingga dapat lebih bersemangat lagi,” tukas Irman.

Lebih lanjut Wakasek Humas ini menyampaikan bahwa kunjungan ini sangat bermanfaat bagi siswa karena dapat bertemu suasana baru dan orang-orang baru, yang ilmunya nanti dapat dibagikan kepada siswa. “Kami mengucapkan terima kasih atas sambutan Poli Pangkep dan kesediaannya menerima siswa kami untuk melaksanakan agenda di kampus ini," pungkasnya.

Setelah menerima arahan dan menyimak selayang pandang tentang kampus Poli Pangkep di Gedung New LT, ratusan siswa tersebut dibagi ke dalam beberapa kelompok untuk mengunjungi fasilitas yang ada di Poli Pangkep sesuai dengan tujuan pembelajaran dari jurusan masing-masing, yaitu MIPA dan IPS.

Fasilitas pendidikan berupa loboratorium yang dikunjungi yaitu Workshop Pengolahan Bahan Perikanan, Workshop Pengolahan Cokelat, Laboratorium Hama dan Penyakit, Laboratorium Reproduksi Genetika Ikan, Workshop Pengolahan Kopi, Laboratorium Mikrobiologi, Laboratorium Biokimia, dan Simulator Kapal.

Dua siswa SMA 2 Parepare, Adriansyah dan Wajdi yang ditemui saat berkunjung ke Simulator Kapal Jurusan Teknologi Kemaritiman mengaku sangat senang dan memperoleh banyak pengetahuan baru. “Saat di dalam simulator, kami merasa seperti berada di kapal asli dan bisa mempelajari teknologi yang ada di dalamnya,” pungkas Adriansyah dan Wajdi.



Selain itu, siswa-siswa ini juga memiliki target mempelajari peranan tumbuhan dan hewan dalam berbagai aspek kehidupan di Laboratorium Hama dan Penyakit, Laboratorium Reproduksi Genetika Ikan, dan Laboratorium Mikrobiologi.

Target selanjutnya adalah memperoleh informasi mengenai karakteristik bahan dan alat pengolahan makanan awetan, cara pengolahan dan pengemasan makanan awetan dari bahan nabati dan hewani di Workshop Pengolahan Bahan Perikanan, Workshop Pengolahan Cokelat, Laboratorium Biokimia, dan Workshop Pengolahan Kopi.

Dalam kunjungan ini dilakukan pula diskusi antara Pembantu Direktur Bidang Akademik, Adam Rahman dengan para guru pendamping mengenai penerimaan mahasiswa di kampus Poli Pangkep, seperti diskusi terkait beasiswa, jalur penerimaan, biaya kuliah, serta tips dan trik pemilihan jurusan yang sesuai dengan minat dan bakat siswa. Juga diperkenalkan mengenai keunggulan, profil lulusan, dan prestasi mahasiswa.

Sivitas Akademika Poli Pangkep mengawal kunjungan ini dan mendampingi siswa dengan maksimal. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk memperkenalkan keunikan pendidikan vokasi, khususnya di Poli Pangkep.
(GUS)
Berita Terkait
Berita Terbaru