Mahasiswa Polipangkep Juara 1 Kompetisi Esai Ilmiah Nasional

Luqman Zainuddin
Kamis, 01 Jun 2023 13:01
Mahasiswa Polipangkep Juara 1 Kompetisi Esai Ilmiah Nasional
Penyerahan hadiah kepada mahasiswa Polipangkep usai menjuarai Kompetisi Esai Ilmiah Nasional. Foto: Istimewa
Comment
Share
KENDARI - Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan (Polipangkep) berhasil meraih juara 1 kompetisi Esai Perikanan dan Kelautan Tingkat Nasional. Kompetisi ini digelar Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Universitas Halu Oleo (UHO). Penilaian grand final digelar di Hotel Claro Kendari, Rabu 31 Mei 2023.

Tahapan kompetisi dimulai saat mengumpulkan esai, penentuan topik, sumber data informasi, penguasaan materi, dan performa tampilan. Tim dari Polipangkep diketuai Riska dan anggota Hernawati, keduanya adalah mahasiswa Program Studi (Prodi) Pengolahan dan Penyimpanan Hasil Perikanan (P2HP).

Mahasiswa Polipangkep menyisihkan beberapa perguruan tinggi di tahap grand final. Akhirnya, mahasiswa Polipangkep keluar sebagai pemenang dalam kompetisi ini, disusul Universitas Halu Oleo sebagai juara II dan juara III diraih Universitas Hasanuddin.



Esai ilmiah yang meraih juara tersebut berjudul ‘Valorisasi Hasil Samping Udang dan Bandeng Sebagai Sediaan Stealth Biomaterial Kapal Selam Tempur Indonesia’. Esai ini mengupas tentang limbah cangkang udang dan tulang ikan bandeng yang dapat dimanfaatkan kembali untuk menjadi bahan teknologi kamuflase kapal selam militer Indonesia.

Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) UHO, Dr. Asriyana mengungkapkan bahwa dari proses penilaian, yang memenuhi kriteria juara kelautan dan perikanan sudah bisa diketahui.

"Mereka yang mendapatkan juara 1 perikanan dan kelautan telah memenuhi kriteria tahapan penilaian. Namun, tidak menjadi soal antara kalah dan menang, yang terpenting adalah silaturahmi," ungkap Asriyana.



Dosen Pembimbing mahasiswa Politani Pangkep, Ikbal Syukroni mengatakan keberhasilan ini merupakan hasil kerja keras para mahasiswanya. Dia menyebut mereka rajin mencari referensi terkait tema yang telah ditetapkan.

“Bentuk persiapan untuk mengikuti kompetisi tersebut, mahasiswa ini rajin melakukan konsultasi terhadap pembimbing. Mencari referensi yang berkaitan dengan tema yang diusung,” pungkas Ikbal.

Ketua Tim, Riska mengungkapkan setelah melewati beberapa tahapan, dia bersyukur bisa mendapat juara pada kompetisi ini. Tentunya kompetisi ini memberikan pengalaman berharga yang semakin mengasah hard skills dan soft skills timnya dalam mencapai kompetensi sebagai mahasiswa di bidang perikanan.



"Kami telah melewati proses kompetisi dari tahap awal dengan sungguh-sungguh dan alhamdulilah upaya tidak menghianati hasil," ungkap Riska.

Segenap sivitas akademika menyambut syukur berita keberhasilan mahasiswa Politani Pangkep meraih juara 1 tingkat nasional. Seluruh pihak saling mendukung demi mewujudkan komitmen bersama yang dituangkan dalam semboyan, Politani Pangkep bergerak, Politani Pangkep berprestasi.
(MAN)
Berita Terkait
Berita Terbaru