home sulsel

Pengamat Sebut Keunggulan Telak Andi Sudirman di Survei Hal Wajar

Sabtu, 27 Juli 2024 - 20:45 WIB
Pengamat politik dari Universitas Hasanuddin (Unhas), Dr. Adi Suryadi Culla. Foto: Istimewa
Pengamat politik dari Universitas Hasanuddin (Unhas) Dr. Adi Suryadi Culla mengaku tidak terkejut dengan hasil survei Indikator yang menempatkan Andi Sudirman Sulaiman unggul jauh dari kandidat lain di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulawesi Selatan (Sulsel).

"Tak ada yang mengejutkan, karena memang sejak awal sudah terpotret dari hasil-hasil survei sebelumnya, bila ketokohan dan personalitas figur Andi Sudirman jauh di atas pesaingnya. Bahkan survei terbaru ini makin mengokohkan kecenderungan pilihan masyarakat Sulsel di Pilgub mendatang," kata Adi Suryadi Culla.

Keunggulan Andi Sudirman ini, kata Adi Suryadi, pertama-tama karena Andi Sudirman adalah petahana (incumbent). Ini merupakan modal sosial dan politik yang sangat berpengaruh dalam setiap kontestasi Pilkada.

"Sebagai petahana Andi Sudirman sudah menancapkan basis pengaruh dan jejaring sosial dalam berbagai strata masyarakat. Jadi Andi Sudirman tidak perlu lagi kerja keras membangun jejaring karena sudah terbentuk," terangnya.

Baca Juga:Pilkada Luwu Timur 2024 Berpotensi Diikuti 3 Paslon

Hal ini tidak berlaku bagi kandidat lain yang baru masuk berkompetisi di level provinsi. "Kandidat lain, walau pernah menduduki jabatan publik sebagai wali kota atau bupati, belum memiliki basis dukungan di seluruh wilayah Sulsel. Para kandidat lain ini baru akan membangun relasi jejaring itu," kata Adi.

Di samping itu, petahana yang berhasil mendapat citra positif dalam kepemimpinannya dahulu pasti sangat diunggulkan.
Baca Selanjutnya
Bagikan artikel ini:
Berita Lainnya
berita lainnya