home sulsel

Kemendesa Gelar Pelatihan Produksi Video Pembelajaran di Toraja Utara

Kamis, 19 September 2024 - 11:46 WIB
Peserta pelatihan produksi video di Kabupaten Toraja Utara. Pelatihan ini diadakan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi. Foto: Istimewa
Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendesa PDTT) terus memperkuat kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) Desa melalui pelatihan produksi video pembelajaran bagi Konten Kreator Desa di Toraja Utara pada 17 hingga 22 September.

Kepala Pusat Pelatihan Sumberdaya Manusia Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Fujiartanto saat membuka acara tersebut mengatakan, pelatihan ini merupakan bagian dari Program Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa (P3PD) Sub Komponen 2C.1 Akademi Desa.

Dia menambahkan, tujuan kegiatan tersebut ialah untuk memberdayakan masyarakat desa dalam memanfaatkan teknologi digital guna mengoptimalkan potensi desa.

Peserta pelatihan, lanjutnya, terdiri dari 60 orang dan dibagi menjadi dua kelas. Pertama Kecamatan Tikala meliputi Desa Buntu Batu, Desa Sereale. Kedua, Kecamatan Rantepao meliputi Desa Limbon, Kecamatan Naggala di Desa Rante. Masing-masing kelas merupakan perwakilan dari unsur masyarakat desa, Kader Digital, Duta Digital, serta Pendamping Desa dan Pendamping Lokal Desa.

Baca juga: Kemendes Usut Sumber Dana Bimtek Kades Bone yang Viral Masuk THM

"Kami berharap agar semua peserta dapat memanfaatkan peluang ini dengan sebaik-baiknya. Artinya, mereka tidak hanya menguasai materi pembelajaran, namun juga sekaligus mampu mengajarkan kepada masyarakat di Desa", tegasnya.

Pembukaan kegiatan dilaksanakan secara serentak di dua lokasi, dengan dihadiri oleh Kepala Dinas DPML Toraja Utara, Kepala PPSDM Kemendesa PDTT, serta para pelatih nasional dan daerah.
Baca Selanjutnya
Bagikan artikel ini:
Berita Lainnya
berita lainnya