home sulsel

Bawaslu Sulsel Ingatkan Netralitas Kades pada Pilkada Serentak 2024

Rabu, 25 September 2024 - 15:45 WIB
Bawaslu Sulsel melaksanakan sosialisasi pengawasan pemilihan secara tatap muka dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dirangkaikan dengan Deklarasi Netralitas Kepala Desa pada Pilkada 2024.
Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) melaksanakan sosialisasi pengawasan pemilihan secara tatap muka dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dengan yang dirangkaikan dengan Deklarasi Netralitas Kepala Desa se-Sulawesi Selatan pada Pemilihan Serentak Tahun 2024 di Hotel Four Points by Sheraton Makassar pada Rabu (25/09/2024).

Acara ini dihadiri oleh Pj Gubernur Sulsel yang diwakili Sekda, Bawaslu Sulsel, KPU Sulsel, Perwakilan BIN Sulsel, Pj dan Pjs Bupati/Wali Kota, Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) dan jajaran Bawaslu Kabupaten/kota.

Kegiatan Bawaslu Sulsel ini merupakan tindaklanjut terhadap Surat Ketua Bawaslu RI bernomor 986/PP.00.00/K1/08/2023 tentang Pelaksanaan Kegiatan Netralitas Kepala Desa oleh Bawaslu Provinsi sebagai langkah strategis untuk membangun komitmen menghadapi Pilkada Serentak.

Ketua Bawaslu Sulsel, Mardiana Rusli mengatakan netralitas kepala desa pada Pilkada serentak sangat penting. Sebab, kualitas Pilkada Serentak yang bermartabat, bergantung terhadap netralitas kepala desa beserta perangkatnya.

Menurutnya, kepala desa dan perangkatnya bersentuhan langsung dengan pemilih. Apalagi, ada 3.059 kepala desa di Sulawesi Selatan.

"Kepala desa dan perangkatnya akan mampu mendorong partisipasi berkualitas dan menjaga kualitas penyelenggaraan. Tugas Bawaslu selalu mengingatkan kepala desa dan perangkatnya yang bersentuhan langsung dengan pemilih," kata Ana dalam sambutannya.

Baca Juga:Bantaeng Bangkit Bergema, Masyarakat Tumpah Ruah Sambut Hari Pertama Kampanye UJI-SAH
Baca Selanjutnya
Bagikan artikel ini:
Berita Lainnya
berita lainnya