home sulsel

Pesta Adat Ma’rimpa Salo, Pj Bupati Sinjai Ajak Masyarakat Jaga Kelestarian Kearifan Lokal

Kamis, 10 Oktober 2024 - 14:48 WIB
Tahun 2024 ini, pesta adat Ma’rimpa Salo digelar di Desa Sanjai pada Kamis (10/10/2024). Dok Pemkab Sinjai
Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Sinjai bersama masyarakat Desa Sanjai, Kecamatan Sinjai Timur kembali menyelenggarakan event kebudayaan Ma’rimpa Salo pada tahun 2024 ini.

Pesta adat Ma’rimpa Salo merupakan pagelaran kebudayaan yang mempertunjukkan tradisi menghalau ikan dari hulu hingga muara Sungai Appareng.

Tradisi kebudayaan tersebut dilaksanakan setiap tahun secara bergiliran oleh dua desa, yakni Desa Sanjai, Kecamatan Sinjai Timur dan Desa Bua, Kecamatan Tellulimpoe. Tahun ini, pesta adat Ma’rimpa Salo digelar di Desa Sanjai pada Kamis (10/10/2024).

Tradisi ini disaksikan oleh ratusan masyarakat setempat, maupun para pelajar dan wisatawan dari dalam maupun luar daerah.

Prosesi pelaksanaan kegiatan diawali dengan penyambutan Tari Pa’duppa kepada Pj Bupati Sinjai, Andi Jefrianto Asapa. Kemudian, dilanjutkan dengan persembahan tradisi Mangngaru.

Baca Juga:Ukir Prestasi di Lomba Desa Wisata 2024, Kades Tukamasea Gelar Syukuran

Kepala Kadisparbud Sinjai, Tamzil Binawan menjelaskan, pagelaran kebudayaan adat ini dilaksanakan untuk menjaga kelestarian budaya adat dan kearifan lokal pada tradisi Ma’rimpa Salo.
Baca Selanjutnya
Bagikan artikel ini:
Berita Lainnya
berita lainnya