home sulsel

Gowa Kembangkan Peternakan Ayam Broiler Sistem Modern Close House

Kamis, 23 Maret 2023 - 13:03 WIB
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo saat mengunjungi lokasi pengembangan ayam broiler sistem modern di Kabupaten Gowa. Foto: Istimewa
Kabupaten Gowa menjadi lokasi pengembangan ayam broiler sistem modern, dengan dihadirkannya Pemanfaatan Kandang Ayam Close House Mappaselling Farm, di Dusun Kaballokang, Desa Moncongloe, Kecamatan Manuju.

Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, Kamsina mengatakan, peternakan ayam ras di Kabupaten Gowa, baik ayam ras pedaging maupun ayam ras petelur telah berkembang pesat selama lima tahun terakhir.

Baca Juga: Pakai Listrik PLN, Peternak Ayam di Gowa Hemat hingga 30 Persen

Pasalnya, ayam ras tipe pedaging atau ayam broiler atau yang lebih populer dengan nama ayam potong populasinya sudah mencapai 2.100.000 ekor pada 2022. Nilai itu belum termasuk dengan pengembangan peternakan yang baru dikelola ini.

"Jadi periode produksinya tergolong cepat yakni rata-rata sebanyak 6 kali setahun," katanya di sela-sela peresmian, Rabu (22/3/2023).

Kamsina menyebutkan, dengan populasi besar tersebut, Kabupaten Gowa dapat menghasilkan sekitar 17 juta ton karkas ayam potong dalam setahun. Sementara penghasilan ini jauh lebih tinggi dari kebutuhan masyarakat di Kabupaten Gowa yang hanya sekitar 6,2 juta ton pertahun. Hal ini menandakan bahwa terjadi surplus sekitar 10,8 juta ton ayam potong per tahun.

Kondisi ini pun lanjut dia, telah memberikan kontribusi besar terhadap pemenuhan kebutuhan protein hewani bagi masyarakat Sulawesi Selatan khususnya pelanggan terbesar Kota Makassar.
Baca Selanjutnya
Bagikan artikel ini:
Topik Terkait :
pemkab gowa sektor peternakan
Berita Terkait
Berita Lainnya
berita lainnya