home sulsel

Parpol di Sulsel Godok Strategi Persiapan Sistem Proporsional Tertutup di Pemilu 2024

Rabu, 12 April 2023 - 04:58 WIB
Desain ilustrasi Pemilu 2024. Foto: Perludem
Sejumlah partai di daerah sudah menyiapkan strategi dalam menghadapi Pemilu 2024 dengan sistem proporsional tertutup. Meski mereka mengharapkan tetap dengan sistem proporsional terbuka.

Ketua DPD Demokrat Sulsel, Ni’matullah menghormati proses yang sedang berjalan di Mahkamah Konstitusi (MK). Meski begitu, partainya tidak mempersoalkan bila nantinya Pemilu 2024 menggunakan sistem proporsional tertutup.

“Kami memperjuangkan tetap di proporsional terbuka. Bahwa ada upaya untuk terus (proporsional) tertutup menurut saya itu kan upayanya dia. Kami juga tidak terganggu,” kata Ulla sapaannya.

Ulla mengatakan, pihaknya sudah menginstruksikan 24 DPC kabupaten/kota untuk tetap mengikuti tahapan yang ada. Mulai dari mendaftarkan calon anggota DPR, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten/kota pada 24 April 2023 mendatang.

“Kami sudah perintahkan seluruh DPC suruh daftar saja. Mau terbuka, mau tertutup itu bukan soal,” ujar Wakil Ketua DPRD Sulsel ini.

Baca Juga: Hadapi Pemilu 2024, Demokrat Sulsel Tak Terganggu Gerakan Moeldoko

Ulla mengakui, Demokrat juga sudah memiliki solusi untuk menghadapi sistem proporsional tertutup. Salah satunya membuat aturan baru, yang bisa diterima semua Bacaleg partai.
Baca Selanjutnya
Bagikan artikel ini:
Berita Lainnya
berita lainnya