home sulsel

Pemkab Gowa Gandeng IKA Unhas Gagas Kawasan Geopark

Rabu, 19 April 2023 - 19:10 WIB
Focus Grup Discussion Inisiasi Geopark Gowa yang berlangsung di Baruga Karaeng Patingalloang, Kantor Bupati Gowa, Senin (17/4). Foto: SINDO Makassar/Herni Amir
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa menggandeng IKA Unhas berencana menggagas kawasan Geopark di wilayah berjuluk Butta Bersejarah itu. Potensi Gowa sebagai Geopark dinilai cukup mumpuni.

Sekretaris Pengurus Wilayah IKA Unhas Sulsel, Hidayah Muallim menjelaskan, Kabupaten Gowa sebelumnya sudah menjadi kawasan wisata. Oleh karena itu, potensi Gowa untuk menjadi geopark sangat terbuka.

Di mana salah satu syarat untuk membangun kawasan geopark harus memperhatikan tiga hal. Antara lain, Biodiversity, Geo Heritage yang mendukung, kemudian Cultural Heritage (Cultural Diversity).



Baca juga: Pemkab Gowa Raih Penghargaan Daerah Responsif Gender, Anak dan Disabilitas

"Ketiga pilar ini saya kira sudah dimiliki oleh Kabupaten Gowa, di mana Gowa juga memiliki potensi, punya akar budaya, sejarah, punya keragaman hayati. Tidak hanya itu, di kawasan Gowa juga biologi sumber daya alam sangat-sangat mendukung. Jadi saya kira tidak ada alasan lagi Gowa untuk tidak dijadikan sebagai Gowa Geopark," jelasnya saat Focus Grup Discussion (FGD) Inisiasi Geopark Gowa yang berlangsung di Baruga Karaeng Patingalloang, Kantor Bupati Gowa, Senin (17/4/2023).

Dia melanjutkan, dengan hadirnya Geopark Gowa ini diharapkan, seluruh sumber daya alam yang masuk dalam kawasan tersebut dapat dikelola dengan baik.
Baca Selanjutnya
Bagikan artikel ini:
Topik Terkait :
pemkab gowa ika unhas
Berita Terkait
Berita Lainnya
berita lainnya