home sulsel

Banyak Peminat, PKB Makassar Seleksi Bacaleg Sebelum Daftar ke KPU

Rabu, 19 April 2023 - 20:30 WIB
Ketua DPC PKB Makassar, Fauzi Andi Wawo. Foto: IST
Partai politik saat ini sedang mematangkan daftar caleg sementara (DCS) yang akan disetorkan ke KPU baik ditingkat DPR, DPRD provinsi, maupun DPRD kabupaten/kota pada 1-14 Mei 2023. Sejumlah partai memiliki jumlah pendaftar melebihi target alokasi kursi di tiap dapil.

Bagi DPC PKB Makassar misalnya, sebanyak dapil pendaftarnya mencapai 150 persen dari kebutuhan. Olehnya, mereka masih akan melakukan pemantapan sebelum DCS tersebut disetorkan ke KPU Kota Makassar.

"Untuk tahapan selanjutnya kita mau uji kelayakan dan kepatutan dulu setelah Ramadan ini. Hari ketiga langsung kami start laksanakan uji kelayakan. Setelah itu kami kirim DCS-nya ke KPU. Rencana tanggal 5 Mei," kata Ketua DPC PKB Makassar Fauzi Andi Wawo pada Rabu (19/4)

Baca Juga: Lewat UKK, PKB Tawarkan Bacaleg Berkualitas ke Masyarakat di Pemilu 2024

Uji kepatutan dan kelayakan itu, kata Fauzi untuk memastikan bacaleg yang masuk DCS tidak lagi berubah saat resmi menjadi Daftar Caleg Tetap (DCT). "Kami tinggal mau lihat, maju dalam kontestasi politik ini harus bisa menyelesaikan pertandingan," ujarnya.

Khusus di Makassar, lanjut Uci, sapaan Fauzi ditargetkan agar PKB mengisi minimal satu kursi tiap dapil. Pada pileg 2019, PKB Makassar hanya mendudukkan satu wakilnya di legislatif yakni Imam Musakkar yang lolos di dapil IV Makassar, Panakkukang-Manggala.

"Targetnya kami mengisi semua dapil. Jadi ada lima dapil insyaallah kami mengisi semua dapil," jelasnya.
Baca Selanjutnya
Bagikan artikel ini:
Berita Lainnya
berita lainnya