home sulsel

Tujuh CJH Asal Maros Batal Berangkat: Ada yang Meninggal, Sakit dan Belum Siap

Jum'at, 05 Mei 2023 - 20:04 WIB
Kemenag Maros mendata paling tidak ada sekitar tujuh CJH asal daerahnya yang gagal berangkat tahun ini. Foto/Najmi S Limonu
Mendekati pemberangkatan Calon Jemaah haji (CJH) Kemenag Kabupaten Maros sudah mulai melakukan pendataan. Dari hasil pendataan tersebut, ditemukan ada sekitar 7 CJH asal Kabupaten Maros dipastikan tak jadi berangkat tahun ini.

Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) Kemenag Maros, Ahmad Ihyadin, menyebutkan dua di antara CJH yang batal berangkat, dikarenakan meninggal dunia.

Baca Juga:CJH Kabupaten Bantaeng Mulai Manasik Haji, Tertua Usia 96 Tahun

"Ada tujuh orang yang tidak jadi berangkat, dua orang meninggal dunia. Sementara penggantinya menunda keberangkatan sampai tahun depan. Dua orang sakit, tiga orang lainnya dinyatakan belum siap untuk berangkat," ujar dia.

Meski begitu kata dia, jumlah CJH yang berangkat nantinya, akan tetap sama dengan kuota awal yakni 303 orang. Pasalnya, tujuh orang yang batal berangkat tersebut akan digantikan oleh CJH cadangan.

"Pemberangkatan tetap full. Karena kuota yang kosong itu akan diisi oleh CJH cadangan. Terkait jadwal keberangkatan, masih menunggu dari pusat," sebutnya.

Dirinya merinci, dari 303 CJH yang berangkat tahun ini, 168 di antaranya merupakan jemaah tunda tahun sebelumnya. Selanjutnya untuk usia lansia ada 8 jemaah, serta khsusus jadwal pemberangkatan 2023 sebanyak 127 jemaah.
Baca Selanjutnya
Bagikan artikel ini:
Topik Terkait :
kemenag ibadah haji calon jemaah haji (cjh)
Berita Terkait
Berita Lainnya
berita lainnya