CJH Kabupaten Bantaeng Mulai Manasik Haji, Tertua Usia 96 Tahun

Eky Hendrawan
Kamis, 04 Mei 2023 18:19
CJH Kabupaten Bantaeng Mulai Manasik Haji, Tertua Usia 96 Tahun
Bupati Bantaeng, Ilham Azikin menyapa salah satu CJH 2023 sesaat sebelum mengikuti manasik dan bimbingan perjalanan haji. Foto: SINDO Makassar/Eky Hendrawan
Comment
Share
BANTAENG - Calon jemaah haji (CJH) Kabupaten Bantaeng mulai melaksanakan manasik dan bimbingan perjalanan haji hari ini, Kamis (4/5/2023) di Aula Kantor Kemenag Bantaeng. Musim haji tahun ini, Bantaeng mendapat kuota 178 orang.

Manasik dan bimbingan perjalanan haji ini dihadiri langsung Bupati Bantaeng, Ketua Komisi VIII DPR RI Ashabul Kahfi, Kabag TU dan Kabid Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kanwil Kemenag Sulsel serta Kakankemenag Bantaeng.

Kakankemenag Bantaeng, Muh Ahmad Jailani melaporkan bahwa manasik dan bimbingan haji ini dilaksanakan sebanyak 10 kali. Tingkat kabupaten sebanyak 2 kali, sementara tingkat kecamatan/KUA 8 kali.



Kuota haji Bantaeng berjumlah 178 orang, sudah termasuk tambahan kouta prioritas lansia 4 orang. Terdapat seorang CJH berusia 96 tahun bernama Beddu M Bin Boja, seorang veteran asal Sabbanyyang. Termuda 31 tahun, Kamaruddin Hidayat. Ia menggantikan Ibunya yang meninggal.

Jailani menyampaikan, pertanggal 3 Mei 2023, Jumlah total pendaftar haji di Bantaeng sebanyak 8.171 orang, jika dihitung dan dibandingkan dengan jumlah kuota, maka daftar tunggu haji di Bantaeng saat ini 47 tahun.

Bupati Bantaeng Ilham Azikin bersyukur ibadah haji tahun ini bisa kembali normal dari segi kuota, bahkan ada tambahan kuota lansia. Ia berharap ke depan kuota haji bisa bertambah.



"Apalagi daerah kita juara nasional waiting list atau daftar tunggu terlama di seluruh indonesia yakni 47 tahun," ucap Bupati.

Bupati meminta CJH menjaga niat, kesehatan, kesehatan, dan saling menjaga. Sebab kultur di Arab Saudi beda dengan di Indonesia dan Sulawesi.
(MAN)
Berita Terkait
Berita Terbaru