home sulsel

Tingkatkan Daya Saing Desa, Kades di Luwu Digembleng Pelatihan

Minggu, 21 Mei 2023 - 15:17 WIB
Kepala desa di Kabupaten Luwu kembali diberikan pelatihan peningkatan kapasitas selama tiga hari di Hotel Condotel Makassar pada 20 Mei hingga 22 Mei. Foto/Chaeruddin
Kepala desa (kades) di Kabupaten Luwu kembali diberikan pelatihan peningkatan kapasitas selama tiga hari di Hotel Condotel (MTC Karebosi Primer) Makassar pada 20 Mei hingga 22 Mei.

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas kades dan aparatur pemerintah di tingkat desa tentang manajemen pemerintahan dan pertanggungjawaban keuangan dan aset desa. Muaranya, meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan daya saing desa.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD), Kasmaruddin, menyampaikan kades dan seluruh perangkatnya dalam menjalankan perannya membutuhkan sumber daya manusia atau SDM yang produktif, andal dan profesional serta memiliki kapabilitas dalam menjalankan peran dan fungsinya di desa.

Baca Juga:Pansel Tolak 14 Sanggahan Seleksi Kompetensi PPPK di Luwu

"Peningkatan kemampuan aparatur desa sangat diharapkan agar mampu menjalankan peran dan tugas secara optimal," ujarnya.

Menurutnya, dalam penyelenggaraan pemerintahan desa, yang terpenting adalah bagaimana pemerintah desa meningkatkan kesejahteraan masyarakat. "Dengan SDM yang bagus tentu diharapkan kepala desa bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya serta meningkatkan daya saing desanya," sebutnya.

Olehnya itu, lanjut dia, setelah mengikuti pelatihan, peserta diharapkan melahirkan inovasi dan menjalankan pemerintahan sesuai regulasi. "Semoga dengan kehadiran narasumber yang berkompeten di bidangnya dapat memberikan banyak pengetahuan dan pengalaman bagi kita semua dalam upaya membangun aparatur desa yang profesional sesuai tugas dan fungsinya," harapnya.
Baca Selanjutnya
Bagikan artikel ini:
Berita Lainnya
berita lainnya