home sulsel

Lepas 125 JCH Parepare, Taufan Pawe: Doakan Daerah Tercinta Ini

Selasa, 23 Mei 2023 - 18:26 WIB
Pelepasan ratusan jemaah haji oleh Wali Kota Parepare Taufan Pawe di Auditoriun BJ Habibie, Kompleks Rumah Jawabatan Wali Kota. Foto: SINDO Makassar/Darwiaty Dalle
Wali Kota Parepare Taufan Pawe melepas jemaah calon haji (JCH) Kota Parepare musim haji 1444 H/2023 Masehi di Auditorium BJ Habibie, Kompleks Rumah Jawabatan Wali Kota, Selasa (23/5/2023).

Di depan ratusan JCH, Taufan mengatakan, ibadah haji merupakan bentuk ritual tahunan yang dilaksanakan umat Islam sedunia bagi yang mampu baik material, fisik, maupun keilmuan, dengan berkunjung dan melaksanakan beberapa kegiatan di Arab Saudi pada Dzulhijah.

Menurut Taufan, inti dari ibadah haji dimulai pada tanggal 8 Dzulhijjah ketika umat Islam bermalam di Mina, wukuf atau berdiam diri di Padang Arafah pada tanggal 9 Dzulhijjah.

Baca juga: Banyak Lansia, Acara Seremoni Penyambutan CJH di Asrama Haji Ditiadakan

"Prosesi ibadah haji berakhir setelah melempar jumrah atau melempar batu yaitu simbolisasi setan dan pada tanggal 10 Dzulhijjah. Masyarakat Indonesia biasa menyebut juga hari raya Idul Adha sebagai hari raya haji, karena bersamaan dengan perayaan ibadah haji ini," papar Taufan.

Ibadah haji, kata Taufan hendaknya bermuara pada perubahan perilaku, tidak hanya menjadi lebih baik bagi diri sendiri, tetapi juga bagi orang lain, daerah, bangsa dan negara.

"Kita semua hendaknya dapat memahami hakikat dari ibadah haji itu sendiri, yaitu ibadah secara total. Bukan hanya ibadah yang melibatkan fisik semata," jelasnya.
Baca Selanjutnya
Bagikan artikel ini:
Topik Terkait :
pemkot parepare calon jemaah haji (cjh)
Berita Terkait
Berita Lainnya
berita lainnya