home sulsel

Pungli Diduga Marak Terjadi di Pelabuhan Ajatappareng

Kamis, 25 Mei 2023 - 18:18 WIB
Pintu masuk Pelabuhan Ajatappareng Kota Parepare yang menuai keluhan karena dugaan pungli di area parkir kawasan pelabuhan. Foto: SINDO Makassar/Darwiaty Dalle
Pelayanan Pelabuhan Ajatappareng Kota Parepare dikeluhkan warga. Tak hanya soal tarif tanda masuk (PAS) untuk calon penumpang yang dinilai sangat tinggi, tapi juga dugaan pungutan liar (pungli) yang membebani pemilik kendaraan yang akan menempati fasilitas area parkir dalam kawasan pelabuhan.

Dugaan itu dikemukakan salah seorang sopir angkutan antar kota dalam provinsi (AKDP) yang minta namanya tidak ditulis. Ia menyebutkan, setiap memasuki kawasan pelabuhan Ajatappareng, baik mengantar calon penumpang maupun saat akan menjemput penumpang, dia harus menyediakan uang Rp42 ribu.



"Katanya untuk pengamanan. Padahal, di pintu masuk, kita sudah bayar sesuai karcis pas kendaraan dan pas penumpang. Ada karcis warna putih dan ada warna putih. Tapi yang Rp42 ribu itu, tanpa karcis," akunya.



Baca juga: Kapolres Parepare Didapuk jadi Ayah Asuh Suporter PSM di Wilayah Ajatappareng

Meski pungutan tersebut dibebankan ke penumpang maupun calon penumpang yang di antarnya masuk hingga ke area kawasan pelabuhan, namun sumber mengaku kadang dikomplain dengan penumpangnya, ketika harus mengeluarkan biaya double.
Baca Selanjutnya
Bagikan artikel ini:
Topik Terkait :
pelabuhan ajatappareng pungutan liar (pungli)
Berita Terkait
Berita Lainnya
berita lainnya