home sulsel

Lagi, Bunda PAUD Lutim Deklarasi Komitmen Sukseskan Transisi PAUD-SD yang Menyenangkan

Minggu, 18 Juni 2023 - 22:57 WIB
Bunda PAUD Lutim Sufriaty Budiman kembali menggelar deklarasi bersama mendukung serta menyukseskan transisi PAUD-SD yang menyenangkan di Lapangan Kecamatan Kalaena. Foto/Dok Pemkab Lutim
Bunda PAUD Luwu Timur (Lutim), Sufriaty Budiman, kembali menggelar deklarasi dan meneken komitmen bersama dalam mendukung serta menyukseskan transisi PAUD-SD yang menyenangkan di Lapangan Kecamatan Kalaena, Sabtu (17/6/23). Sebelumnya, kegiatan serupa digelar di Kecamatan Towuti.

Pada momentum tersebut, Camat Kalaena beserta Bunda PAUD Kecamatan Kalaena, para Bunda PAUD Desa, Kepala Desa Sumber Makmur, serta para tenaga pendidik Taman Kanak-kanak se-Kecamatan Kalaena juga turut menandatangani komitmen tersebut.

Baca Juga:Pemkab Lutim Gelar Pelatihan Pengembangan Media Promosi Kesehatan

Sufriaty menyebutkan program pembelajaran transisi PAUD ke SD yang menyenangkan diharapkan anak-anak yang berada di bangku PAUD ini, dapat diperkenalkan seluruh benda dengan cara yang menyenangkan, tidak dengan penekanan.

"Oleh karena itu, para orang tua tidak perlu pesimis ketika anaknya belum bisa membaca, menulis dan menghitung karena program pembelajaran akan berlanjut di tingkat SD sampai di kelas 2. Maka dari itu, penerimaan masuk SD tidak lagi dipersyaratkan harus tes Calistung (Baca, tulis dan menghitung), tapi perlu dipahami bahwa guru kelas 1 dan 2 nantinya melanjutkan perogram yang ada di TK," jelasnya.

Sufriaty juga menegaskan, agar anak-anak ketika masuk SD tidak langsung diarahkan untuk duduk belajar. Hal itu akan menyebabkan mereka merasa kehilangan dan sedikit agak tertekan.

"Saya berharap, para tenaga pendidik di tingkat SD, bisa memperkenalkan terlebih dahulu lingkungan sekolah yang baru. Untuk itu, transisi PAUD ke SD yang menyenangkan harus didukung dan diupakan untuk dilakukan dengan baik demi generasi di masa mendatang," tuturnya.
Baca Selanjutnya
Bagikan artikel ini:
Topik Terkait :
pemkab luwu timur pendidikan anak usia dini (paud)
Berita Terkait
Berita Lainnya
berita lainnya