home sulsel

Mengintip Dapur Azzakhra Food, UMKM Binaan CIMB Niaga: Produksi Bakso hingga 1 Ton

Jum'at, 14 Juli 2023 - 20:25 WIB
Jajaran pimpinan CIMB Niaga turun langsung meninjau produk bakso dari Azzakhra Food, salah satu UMKM binaannya di Kabupaten Maros yang terpilih mendapatkan bantuan termasuk pendampingan usaha. Foto/Is
PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) melalui Program Community Link #JadiBerkelanjutan berkomitmen mendukung pengembangan UMKM di Kawasan Timur Indonesia (KTI). Berkolaborasi dengan Yayasan Berdaya Bareng, tahun ini ada 50 UMKM di Indonesia Timur yang mendapatkan dukungan pengembangan usaha.

Salah satu UMKM binaan CIMB Niaga yang terpilih adalah Azzakhra Food di Kabupaten Maros, Provinsi Sulawesi Selatan. UMKM yang memproduksi aneka bakso dan abon itu terbilang sukses dan telah memberdayakan emak-emak di sekitar rumah produksi.

Ketua UKM Azzakhra, Kamaruddin Kohar, menyampaikan pengembangan usahanya sangat terbantu berkat dukungan CIMB Niaga dan Yayasan Berdaya Bareng. Pihaknya mendapatkan pinjaman tanpa bunga untuk tambahan modal usaha serta mendapatkan pelatihan dan pendampingan usaha.

Baca Juga:CIMB Niaga Gelar Audisi Menyanyi 'Kejar Mimpi Rising Start

"Kami dibekali BMC (Business Model Canvas), kami juga diajari pembukuan. Sejak bergabung, kami juga banyak berkomunikasi dengan pihak Berdaya Bareng maupun fasilitator, juga saling berbagi pengalaman. Itu membuat rasa percaya diri kami semakin besar," kata Kohar, saat menerima kunjungan rombongan tim dari CIMB Niaga dan Yayasan Berdaya Bareng di rumah produksinya, Jumat (14/7/2023).

Saat ini, produksi dari Azzakhra Food terbilang cukup besar. Rata-rata untuk periode normal khusus untuk bakso mencapai 500 kilogram per bulan. Bahkan, produksinya terkadang menembus 1 ton saat lebaran. Itu terdiri dari bakso ikan, bakso ayam, dan bakso daging. Sedangkan untuk abon terdiri dari abon daging, ayam, ikan, dan telur.

"Produksi bakso itu 700-800 kilogram, bahkan bisa tembus sampai 1 ton saat Ramadan. Untuk wilayah pemasaran, selain di Maros dan Kota Makassar, juga ke sampai ke Polmas (Sulawesi Barat), Pinrang, Pangkep, dan Bone," ungkap Kohar yang mendirikan Azzakhra Food sejak 2010.
Baca Selanjutnya
Bagikan artikel ini:
Topik Terkait :
umkm cimb niaga
Berita Terkait
Berita Lainnya
berita lainnya