home sulsel

Sidang Dugaan Rokok Ilegal di Wajo, Saksi Ungkap Prangko dan Isi Beda

Jum'at, 28 Juli 2023 - 21:22 WIB
Perkara dugaan penipuan dan penggelapan peredaran rokok ilegal di Kabupaten Wajo memasuki sidang keempat di Pengadilan Negeri (PN) Sengkang, Jumat (28/7/2023). Foto/Reza Pahlevi
Perkara dugaan penipuan dan penggelapan peredaran rokok ilegal di Kabupaten Wajo memasuki sidang keempat di Pengadilan Negeri (PN) Sengkang, Jumat (28/7/2023). Agenda kali ini yakni pemeriksaan saksi dari dari Jaksa Penuntut Umum alias JPU.

Dalam sidang dengan terdakwa Norma (65), beberapa fakta baru bermunculan dari keterangan saksi. Dalam sidang dengan agenda saksi yang juga digelar sehari sebelumnya, terungkap kuatnya dugaan penipuan dan penggelapan peredaran rokok ilegal dengan merek X5.

Baca Juga:Sidang Kasus Penipuan dan Penggelapan, Hakim PN Sengkang Pertanyakan Legalitas Rokok X5

Salah seorang penjaga rokok merek X5, Anto, mengaku dirinya merupakan satu dari beberapa penjaga gudang rokok yang diduga ilegal milik Nur Jaya.

"Betul, saya penjaga gudangnya, bahkan saya yang terima pelanggan apabila mau ambil barang," ujar Anto saat memberikan keterangan di hadapan majelis hakim

Tidak hanya itu, Anto mensinyalir rokok merek X5 tersebut tidak memiliki izin atau bukti legalitas. "Sejak saya ikut di Pak Jaya tidak pernah diperlihatkan bukti legalitas," tuturnya.

Ia bilang bosnya sebatas memberikan informasi agar dalam menjual rokok dapat menghindari razia Gempur Bea Cukai. "Pak Jaya cuma kasih informasi bahwa rokok ini hanya boleh diedarkan di beberapa lokasi, salah satunya di Wajo," kata Anto.
Baca Selanjutnya
Bagikan artikel ini:
Berita Lainnya
berita lainnya