home sulsel

Harga Beras di Maros Naik Signifikan, Pedagang Minta Pemerintah Turun Tangan

Rabu, 06 September 2023 - 13:29 WIB
Seorang pedagang beras di pasar tradisional Kabupaten Maros. Harga beras saat ini naik signifikan. Foto: SINDO Makassar/Najmi S Limonu
Harga beras yang dijual di sejumlah pasar di Kabupaten Maros mengalami kenaikan signifikan.Kondisiini sudah terjadi selama sepekan.

Salah seorang pedagang di Pasar Tradisional Butta Salewangang Muhammad Rasul mengatakan, kenaikan harga ini diduga dipicu akibat kemarau ekstrem yang melanda beberapa wilayah di Sulsel.

"Kondisi ini menyebabkan banyak tanaman padi petani mengalami gagal panen atau puso. Selain itu kenaikan harga beras juga diperparah beberapa jenis beras dari Sulsel dikirim ke wilayah Jawa dan Kalimantan akibat pasokan beras di daerah tersebut menipis," jelasnya kepada awak media, Rabu (6/9/2023).

Baca juga: Kemarau Panjang di Bontoa Maros, Lahan Tambak Dialihfungsikan Produksi Garam

Pedagang berspekulasi, kenaikan harga ini juga dipicu banyaknya pemasok yang mengirim beras ke wilayah Jawa dan Kalimantan.

"Karena di pulau itu harga beras cukup tinggi. Sementara daerah tersebut pasokan beras mulai menipis," ungkapnya.

Saat ini harga beras yang dijual oleh pedagang bervariasi tergantung jenis beras. Misalnya beras kepala sebelumnya dijual Rp12 ribu/kg, naik menjadi Rp13 ribu/kg. Sementara beras premium sebelumnya Rp12 ribu perkilo kini naik Rp14 ribu/kg.
Baca Selanjutnya
Bagikan artikel ini:
Berita Lainnya
berita lainnya