home sulsel

Rumah Dataku Sajikan Informasi Kependudukan, Mulai Kondisi hingga Potensinya

Sabtu, 09 September 2023 - 20:38 WIB
Orientasi Pengelola Rumah Data Kependudukan Angkatan III yang diselenggarakan di Hotel Alamadera, Makassar, Senin (4/9/2023). Foto: Istimewa
Saat ini masyarakat yang ingin tahu kondisi dan potensi kependudukan suatu daerah akan semakin dimudahkan dengan hadirnya Rumah Data Kependudukan (RDK) yang dapat di akses melalui website rumahdataku.bkkbn.go.id.

Hal ini disampaikan Ketua Pokja Pembinaan Rumah Data Kependudukan Perwakilan BKKBN Provinsi Sulsel Yoseph Upa saat membuka kegiatan Orientasi Pengelola Rumah Data Kependudukan Angkatan III yang diselenggarakan di Hotel Alamadera, Makassar, Senin (4/9/2023).

Kegiatan yang mengahadirkan peserta sebanyak 46 terdiri dari pengelola RDK target ProPN di empat kabupaten, yaitu Parepare, Bone, Soppeng, dan Wajo yaitu Kepala Bidang pengelola RDK pada OPD KB Kabupaten/Kota, PKB/PLKB yang membina RDK, Ketua Pokja dan pengurus RDK di Desa/Kelurahan.

Rumah Data Kependudukan (RDK) merupakan inovasi BKKBN dalam menggaungkan pembangunan berwawasan kependudukan. Disebut sebagai program inovasi karena program RDK dikelola melalui website Rumah DataKu (rumahdataku.bkkbn.go.id).

Baca juga: BKKBN Sulsel Siap Optimalkan Capaian Kinerja Bangga Kencana di Semester II

Yoseph menambahkan RDK menjadi pusat data dan informasi yang dapat dijadikan sebagai rujukan oleh pengambil kebijakan untuk mengetahui kondisi, potensi, dan persoalan kependudukan.

Dengan data tersebut, pemerintah setempat atau para pengambil keputusan dapat mengambil langkah-langkah strategis untuk menangani persoalan kependudukan yang ada.
Baca Selanjutnya
Bagikan artikel ini:
Berita Lainnya
berita lainnya