home sulsel

Unhas Bantu Pemkab Pinrang Tangani Sampah Plastik di Sungai dan Laut

Selasa, 19 September 2023 - 14:49 WIB
Bupati Pinrang Irwan Hamid bersama Rektor Unhas Jamaluddin Jompa usai peresmian fasilitas pengolahan sampah, Selasa (19/9/2023). Foto: Istimewa
Bupati Pinrang Irwan hamid mengapresiasi bantuan Universitas Hasanuddin (Unhas) dalam upaya penanganan sampah plastik, terutama di sungai dan laut.

Hal ini disampaikan Irwan saat peresmian fasilitas pengelolaan sampah di Kecamatan Lanrisang, Selasa (19/9/2023). Fasilitas ini merupakan hasil kerja sama dengan Unhas melalui program pengabdian kepada masyarakat.

Irwan melanjutkan, fasilitas trash trap yang termasuk dalam program pengelolaan sampah ini akan sangat bermanfaat, terutama dalam upaya melindungi lingkungan dari ancaman sampah plastik.

Rektor Unhas Prof Jamaluddin Jompa mengungkapkan, pembangunan pengelolaan sampah ini merupakan bagian dari proyek Preventing River Bound Plastic Project untuk menanggulangi dampak berbahaya dari sampah plastik.

Baca juga: Pemkab Pinrang Terapkan Sistem Pembagian Air Cegah Kekeringan di Lahan Pertanian

Prof Jamaluddin Jompa melanjutkan, kekhawatiran akan ancaman sampah plastik ini didasari oleh fakta bahwa, sampah plastik merupakan salah satu sampah yang tidak dapat diurai oleh tanah dalam jangka waktu singkat.

Oleh karna itu kata Irwan, keberadaan fasilitas ini tentunya akan membantu mengurangi dampak dari sampah plastik terutama bagi sungai dan laut di Kabupaten Pinrang.
Baca Selanjutnya
Bagikan artikel ini:
Berita Lainnya
berita lainnya