Unhas Bantu Pemkab Pinrang Tangani Sampah Plastik di Sungai dan Laut

Tim Sindomakassar
Selasa, 19 Sep 2023 14:49
Unhas Bantu Pemkab Pinrang Tangani Sampah Plastik di Sungai dan Laut
Bupati Pinrang Irwan Hamid bersama Rektor Unhas Jamaluddin Jompa usai peresmian fasilitas pengolahan sampah, Selasa (19/9/2023). Foto: Istimewa
Comment
Share
MAKASSAR - Bupati Pinrang Irwan hamid mengapresiasi bantuan Universitas Hasanuddin (Unhas) dalam upaya penanganan sampah plastik, terutama di sungai dan laut.

Hal ini disampaikan Irwan saat peresmian fasilitas pengelolaan sampah di Kecamatan Lanrisang, Selasa (19/9/2023). Fasilitas ini merupakan hasil kerja sama dengan Unhas melalui program pengabdian kepada masyarakat.

Irwan melanjutkan, fasilitas trash trap yang termasuk dalam program pengelolaan sampah ini akan sangat bermanfaat, terutama dalam upaya melindungi lingkungan dari ancaman sampah plastik.

Rektor Unhas Prof Jamaluddin Jompa mengungkapkan, pembangunan pengelolaan sampah ini merupakan bagian dari proyek Preventing River Bound Plastic Project untuk menanggulangi dampak berbahaya dari sampah plastik.



Prof Jamaluddin Jompa melanjutkan, kekhawatiran akan ancaman sampah plastik ini didasari oleh fakta bahwa, sampah plastik merupakan salah satu sampah yang tidak dapat diurai oleh tanah dalam jangka waktu singkat.

Oleh karna itu kata Irwan, keberadaan fasilitas ini tentunya akan membantu mengurangi dampak dari sampah plastik terutama bagi sungai dan laut di Kabupaten Pinrang.

Selain itu, pada kesempatan ini, Prof Jamaluddin Jompa juga mengungkapkan komitmen Unhas membantu Pinrang mengembalikan kejayaan udang windu yang pernah merajai komoditas produksi hasil perikanan budi daya di Pinrang.

Sekedar untuk diketahui, proyek ini telah dimulai pada tahun 2021 dengan memasang 2 unit trash trap yang terdiri dari perahu boat untuk mengangkut sampah, pompa air, mesin press sampah plastik di TPS3R yang dikelola oleh masyarakat setempat.



Pada kegiatan ini, turut hadir, Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup Ir Sudirman, Kepala Dinas Bina Marga, Cipta Karya dan tata Ruang Awaluddin Maramat, Kepala Dinas Sumber Daya Air dan Bina Konstruksi M Jenal, Camat Lanrisang Bachrumsyah, Dekan Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan Safruddin.

Hadir pula Tim Ahli Geoteknik Lingkungan Fakultas Teknik Sipil Unhas Prof Tri Harianto, Tim ahli Educational Program FIKP Unhas Dr Muh Kurnia, Tim ahli pencemaran plastik dan pengelolaan sampah Dr. Shinta Werorilangi, Dr Ahmad Faizal dan Dr Wilma Moka.
(MAN)
Berita Terkait
Pemkab Pinrang Raih Dua Penghargaan Lomba Getol Bertamasya Pemprov Sulsel
Sulsel
Pemkab Pinrang Raih Dua Penghargaan Lomba Getol Bertamasya Pemprov Sulsel
Pemerintah Kabupaten Pinrang berhasil meraih dua penghargaan pada kegiatan Lomba Gerakan Ciptakan Toilet Bersih, Sehat, Aman, Nyaman bersama Masyarakat (Getol Bertamasya) yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan.
Kamis, 26 Sep 2024 15:55
Pemkab Pinrang Serahkan Bantuan kepada Korban Kebakaran di Salimbongan
Sulsel
Pemkab Pinrang Serahkan Bantuan kepada Korban Kebakaran di Salimbongan
Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pinrang, Andi Calo Kerrang menyerahkan bantuan kepada korban terdampak bencana kebakaran di Salimbongan, Desa Ulusaddang, Kecamatan Lembang, Rabu (25/09/2024).
Rabu, 25 Sep 2024 15:43
Rapat Koordinasi MCP KPK, Sekda Pinrang Tekankan Pentingnya Pencegahan Korupsi
Sulsel
Rapat Koordinasi MCP KPK, Sekda Pinrang Tekankan Pentingnya Pencegahan Korupsi
Sekretaris Daerah Kabupaten Pinrang, Andi Calo Kerrang memimpin Rapat Koordinasi dalam rangka Monitoring Center for Prevention (MCP) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Republik Indonesia di ruang rapat Bupati Pinrang, Kamis (01/08/2024).
Kamis, 01 Agu 2024 13:31
Pemkab Pinrang Salurkan Bantuan Tunai kepada Korban Kebakaran di Rubae
Sulsel
Pemkab Pinrang Salurkan Bantuan Tunai kepada Korban Kebakaran di Rubae
Sekretaris Daerah Kabupaten Pinrang, Andi Calo Kerrang menyerahkan bantuan tunai kepada korban bencana kebakaran di Rubae, Kelurahan Bentengnge, Kecamatan Watang Sawitto pada Senin (29/07).
Senin, 29 Jul 2024 18:12
DPRD Pinrang Gelar Paripurna Penerimaan untuk 4 Ranperda
Sulsel
DPRD Pinrang Gelar Paripurna Penerimaan untuk 4 Ranperda
Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pinrang menggelar rapat paripurna dengan agenda penerimaan secara resmi rancangan peraturan daerah (ranperda) pertanggungjawaban pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran 2023 serta empat ranperda non-APBD.
Senin, 22 Jul 2024 17:30
Berita Terbaru