home sulsel

BPBD Maros Suplai 20 Ribu Liter Air Bersih untuk LPKA

Selasa, 03 Oktober 2023 - 16:02 WIB
BPBD Maros menyalurkan empat tangki air bersih sebanyak 20 ribu liter untuk LPKA Maros. Foto/Najmi S Limonu
BPBD Kabupaten Maros menyalurkan bantuan air bersih ke Lapas Kelas II A Maros, Selasa (3/10/2023). Kepala BPBD Maros, Fadly mengatakan, penyaluran dilakukan karena kondisi Lapas yang sudah kesulitan air bersih. Fadly menyebutkan ada empat tangki yang disalurkan ke Lapas.

"Sabtu kemarin kita salurkan dua tangki. Hari ini ditambah dua tangki lagi. Sampai hari ini sudah ada 4 tangki. Masing-masing tangki isi 5 ribu liter totalnya ada 20 ribu liter yang disalurkan ke Lapas," ujar dia, saat dihubungi wartawan.

Selain di Lapas Kelas II A, penyaluran air bersih juga dilakukan di Desa Ampekale, Bontoa. "Di Bontoa kami salurkan empat tangki, tiap hari kami salurkan total enam tangki," ujarnya.

Dia menyebutkan, wilayah krisis air bersih di Kabupaten Maros memang semakin meluas. Jika sebelumnya hanya di Kecamatan Lau, Botoa dan Maros Baru, kini hampir seluruh kecamatan di Maros, termasuk Mandai mulai merasakan krisis air bersih.

Meski demikian, penyaluran bantuan air bersih tetap difokuskan pada tiga daerah sebelumnya, karena kondisinya yang paling parah. "Tidak bisa di-backup semua, karena kami di BPBD sudah ada jadwalnya di desa dan kelurahan sesuai surat permintaan," imbuhnya.

Makanya, dia mengarahkan pemerintah setempat untuk berkoordinasi dengan badan usaha maupun organisasi yang selama ini bekerjasama dalam menyalurkan air.

“Kami arahkan untuk koordinasi dengan badan usaha maupun organisasi kemasyarakatan yang selama ini ikut menyalurkan air agar bisa membantu warganya,” ucapnya.
Baca Selanjutnya
Bagikan artikel ini:
Berita Lainnya
berita lainnya