home sulsel

Sinergitas Bawaslu dan Media Dinilai sebagai Ujung Tombak Suksesnya Pemilu 2024

Rabu, 29 November 2023 - 19:41 WIB
Bawaslu Sulsel menggelar diskusi bersama media di Makassar. Foto: Muhaimin
Peran Bawaslu dan media dianggap sangat pentingpada Pemilu 2024. Pasalnya,keduanya merupakan ujung tombak dalam pengawasan,sehat atau tidaknya pesta demokrasi, baik Pileg maupun Pilpres pada 14 Februari 2024 mendatang.

Ini diungkapkan Praktisi Media, Suparno saat menjadi narasumber dalam diskusi bertemakan 'Urgensi Keterbukaan Informasi Publik oleh Penyelenggara Pemilu' yang diselenggarakan Bawaslu Sulsel di hotel D'Maleo Makassar pada Rabu (29/11).

Selain Suparno, turut hadir sebagai pembicara Koordinator Divisi Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi Bawaslu Sulsel, Alamsyah dan Akademisi Universitas Hasanuddin, Dr Hasrullah.

Suparnobercerita, pasca reformasi 1998, ketikapemilihan langsung baru dimulai, peran media sangat besar dalam mensukseskan pesta demokrasi.

"Saya teringat 1999 awal pertama kali pemilu,peran penting media mengawasi pemilu sangat besar. Karena waktu itu kita baru keluar dari masa Orde Baru, bagaimana masyarakat belum bisa menerima utuh informasi. Di situlah peran media, sangat kompeten, mengawal sehatnya pesta demokrasi," ucap eks Ketua Timsel Komisioner Bawaslu Sulsel 2023 itu.

Diungkapkan Suparno, pola-pola masa Orde Baru dengan Pemilu 2024 terkesan ada kesamaan. Apalagi isu menyangkut netralitas TNI-Polri maupun ASN mulai diragukan.

Maka dari itu, disebutkan Suparno, Bawaslu dan media perlu membangun sinergitas. Kendati tugas keduanya hampir memiliki kesamaan mengenai pengawasan.
Baca Selanjutnya
Bagikan artikel ini:
Berita Lainnya
berita lainnya