home sulsel

Yapass Sebut Hatta Rahman dan Wawan Mattaliu Potensi Lolos ke DPR RI

Rabu, 10 Januari 2024 - 14:36 WIB
Hatta Rahman dan Wawan Mattaliu punya potensi lolos ke DPR RI. Foto: Dok
Yayasan Pengkajian Strategis Salewangan (Yapass) memaparkan data dan hasil kajian terhadap sejumlah calon legislatif (caleg) asal Kabupaten Maros, yang berpotensi lolos ke Senayan pada Pemilu 2024 dari daerah pemilihan (dapil) Sulsel II.

Dari hasil kajiannya, terdapat lima nama putra daerah yang memiliki survei yang cukup untuk lolos. Mereka yakni mantan Bupati Maros dua periode Hatta Rahman dari PPP. Anggota DPRD Sulsel dua periode Wawan Mattaliu dari PKB. Kemudian Nurhasan dari PAN, Sahiruddin dari Partai Nasdem dan H Andi Tajerimin dari Gerindra.

Dua dari lima nama tersebut diyakini bisa lolos ke Senayan, yakni Hatta Rahman dan Wawan Mattaliu.

“Berdasarkan data baik survei yang kita lakukan maupun survei yang dilakukan lembaga eksternal, kita memotret kurang lebih sepuluh orang Maros mencalonkan. Ternyata yang muncul di survei itu ada lima, kemudian dari lima itu memang ada dua yang sangat kuat,” kata Ketua Yapass Dr Muhammad Nurjaya, dalam kegiatan konferensi pers di Kecamatan Turikale, Maros.

Meski kelima nama-nama tersebut kata Nurjaya memiliki potensi dan seringkali muncul pada survei, namun hal itu tentu tidaklah cukup. Dibutuhkan analisis yang lebih mendalam dan pertimbangan unsur lainnya, sampai betul-betul berpotensi untuk lolos nantinya.

Baca juga: Bawaslu Luwu Timur Rekrut 810 Pengawas TPS untuk Pemilu 2024

“Misalnya bagaimana kompetisi secara internal di partainya, Kemudian bagaimana tingkat penerimaan caleg dari Maros ini terhadap masyarakat. Kemudian juga bagaimana potensi parliamentary threshold (PT) yang selama ini juga menjadi ancaman bagi semua partai. Yah kita tentu tidak boleh mendiskreditkan partai-partai tertentu, tetapi fakta-fakta yang kita lihat ini tentu harus menjadi sebuah pertimbangan,” terangnya.
Baca Selanjutnya
Bagikan artikel ini:
Berita Lainnya
berita lainnya