home sulsel

Kasus Demam Berdarah di Bulukumba Tembus 130 Sepanjang 2024

Rabu, 13 Maret 2024 - 11:03 WIB
Dinas Kesehatan Kabupaten Bulukumba melakukan foging di salah satu rumah warga. Grafik kasus demam berdarah di Kabupaten Bulukumba bergerak naik. Sudah ada 130 kasus DBD selama 2024. Foto: Ist
Kasus demam berdarah dengue (DBD) menunjukkan tren peningkatan di Kabupaten Bulukumba. Tercatat, dari Januari hingga Maret 2024, sudah ada 130 kasus demam berdarah.

Kasus demam berdarah ini tersebar di seluruh desa dan kelurahan di wilayah Kabupaten Bulukumba. Dari 130 kasus tersebut, case fatality rate (CFR) atau persentase kematian berada pada angka 1,3 persen.

Data tersebut diungkap Etty Susanty, SKM, Pengelola Program DBD di Dinas Kesehatan Kabupaten Bulukumba. Menurut Etty, ada beberapa faktor penyebab grafik kasus demam berdarah di Bulukumba naik.

"Perubahan cuaca dan tingginya intensitas hujan di beberapa daerah menjadi faktor peningkatan kasus DBD," ungkap Etty.

Selama ini, pihak terkait telah melakukan beberapa langkah prefentif. Salah satunya dengan edukasi masif di tengah masyarakat, baik melalui penyuluhan kelompok maupun secara mobile oleh petugas dari tiap Puskesmas.

Baca juga: Kabupaten Bulukumba Terima Sertifikat Bebas Frambusia

Peningkatan kasus demam berdarah ini tampaknya membuat masyarakat cukup khawatir. Terbukti dengan banyaknya permintaan foging atau pengasapan yang diterima Dinas Kesehatan Kabupaten Bulukumba.
Baca Selanjutnya
Bagikan artikel ini:
Berita Lainnya
berita lainnya