Pertamina Sulawesi Gelar Workshop Keselamatan Operasi Mobil Tangki LPG

Tim Sindomakassar
Kamis, 01 Agu 2024 21:24
Pertamina Sulawesi Gelar Workshop Keselamatan Operasi Mobil Tangki LPG
Pertamina Patra Niaga Sulawesi sukses menggelar workshop bertema Pemeliharaan dan Keselamatan Operasi Armada Mobil Tangki LPG di Makassar. Foto/Dok Pertamina
Comment
Share
MAKASSAR - Pertamina Patra Niaga Sulawesi sukses menggelar workshop bertema Pemeliharaan dan Keselamatan Operasi Armada Mobil Tangki LPG di Makassar pada Selasa, 30 Juli 2024.

Kegiatan ini dihadiri oleh pengusaha angkutan LPG di wilayah Sulselbar dan merupakan hasil kolaborasi dengan Kumala Group (PT Kumala Cemerlang Abadi) serta Hino Indonesia Academy (HIA) dari PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI).

Workshop ini bertujuan memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada operator armada mobil tangki LPG mengenai keselamatan berkendara untuk mencapai zero accident. Acara ini juga menandai langkah penting dalam upaya Pertamina Patra Niaga untuk memastikan standar keselamatan yang tinggi dalam proses distribusi LPG.

Training Division Head HMSI, Pieter Andre, menyampaikan dukungannya terhadap kegiatan ini. Hino Indonesia Academy ditegaskannya sangat mendukung kegiatan ini. Pihaknya berharap edukasi yang diberikan dapat meningkatkan kesadaran dan keselamatan khususnya untuk angkutan LPG.

"Ke depannya kami berharap dapat mengedukasi secara terus menerus kepada operator, pengusaha, dan driver-driver truk tangki stakeholder kami sehingga keselamatan itu bisa sama-sama kita wujudkan sesuai dengan visi dan misi dari Hino yaitu mewujudkan transportasi yang aman untuk Masyarakat Indonesia," ujar Pieter.

Pertamina Patra Niaga, yang berperan sebagai operator teknis distribusi LPG berdasarkan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 104 Tahun 2007, menegaskan komitmennya untuk memastikan proses distribusi LPG yang aman dan sesuai standar. Sebagian besar armada mobil tangki Pertamina menggunakan produk dari Hino, sehingga kolaborasi ini sangat relevan untuk meningkatkan standar keselamatan.

Area Manager Communication, Relation & CSR PT Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi, Fahrougi Andriani Sumampouw, menekankan pentingnya workshop ini. Bagi Pertamina, prioritas utama pihaknya adalah kualitas produk dan keselamatan karyawan serta mitra dalam setiap operasi distribusi energi.

"Melalui kolaborasi ini, kami berharap dapat meningkatkan standar keselamatan armada mobil tangki LPG dan meminimalisir risiko yang mungkin terjadi selama proses pengiriman," ujar Fahrougi.

Workshop ini melibatkan beberapa aspek penting, termasuk peningkatan teknologi keselamatan kendaraan, pelatihan pengemudi, dan pemeliharaan armada yang lebih intensif. PT Hino Motors Sales Indonesia akan menyediakan kendaraan dengan fitur keselamatan terbaru, seperti sistem pengereman canggih dan teknologi pemantauan jarak jauh.

Selain itu, Kumala Group akan memfasilitasi manajemen armada dan pelatihan pengemudi untuk memastikan bahwa setiap kendaraan dan pengemudi siap beroperasi dengan standar keselamatan yang tinggi.

Fahrougi berharap setelah workshop ini, rekan-rekan penyedia transportir dapat lebih memahami dan meningkatkan perawatan kendaraan dalam distribusi LPG agar lebih baik dan menghindari kecelakaan di jalan raya.

Selain itu, kolaborasi ini tidak hanya bermanfaat bagi perusahaan, tetapi juga bagi masyarakat yang dilayani. "Kami yakin langkah ini akan memperkuat kepercayaan pelanggan terhadap layanan distribusi LPG kami," pungkasnya.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru