Dorong Pengembangan KEK Palu, PLN-Pemkot Palu Sinergi Kebut Pembangunan Jaringan Transmisi

Tri Yari Kurniawan
Kamis, 23 Feb 2023 15:01
Dorong Pengembangan KEK Palu, PLN-Pemkot Palu Sinergi Kebut Pembangunan Jaringan Transmisi
PLN UIP Sulawesi dan Pemkot Palu bersinergi dalam percepatan pembangunan jaringan transmisi SUTT 150 kV Palu 3-Tawaeli-Talise guna mendorong pengembangan KEK Palu. Foto/Dok PLN
Comment
Share
PALU - PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Sulawesi dan Pemerintah Kota (Pemkot) Palu bersinergi dalam melakukan percepatan pembangunan jaringan transmisi Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kV Palu 3-Tawaeli-Talise guna mendorong pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Palu.

Manager PLN Unit Pelaksana Proyek Sulawesi Tengah (UPP Sulteng), Effendi Kusnianto, menyampaikan progres pekerjaan pembangunan SUTT 150kV Palu 3-Tawaeli-Talise yang berlokasi di Kota Palu dan Kabupaten Donggala telah memasuki tahap pengadaan lahan dan konstruksi. Hal itu disampaikan sat mengunjungi Balai Kota Palu, Selasa (21/2/2023) lalu.



Pada kesempatan itu, Effendi mengaku senang atas dukungan yang diberikan Pemkot Palu. Salah satunya dalam pengurusan pengunaan lahan milik Pemkot. Adapun pembangunan jaringan transmisi ini merupakan jalur evakuasi daya dari Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Palu-3 berkapasitas 100MW yang saat ini telah memasuki tahap konstruksi.

"Rencananya akan beroperasi pada tahun 2024. Untuk itu SUTT 150 kV Palu 3-Tawaeli-Talise harus siap terlebih dahulu,” ungkap dia, dalam keterangan pers yang diterima SINDO Makassar, Kamis (23/2/2023).

Wali Kota Palu, Hadianto Rasyid, pada kesempatan itu menyampaikan pemerintah daerah memberikan perhatian khusus dan memberikan dukungan terhadap kebutuhan PLN. Salah satunya yakni dalam pengurusan izin pemanfaatan lahan milik Pemkot Palu yang akan digunakan untuk pembangunan tower transmisi.



“Kami sangat mendukung pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan ini karena dengan beroperasinya jaringan ini, pasokan listrik kota Palu akan semakin baik. Dengan begitu, pembangunan KEK Palu pun bisa dipercepat dan dapat menarik investor lebih banyak,” ujarnya.

PLN diketahui terus mempererat sinergi dengan seluruh pemangku kepentingan, dalam hal ini Pemkot Palu guna menghadirkan infrastruktur ketenagalistrikan untuk memenuhi kebutuhan listrik masyarakat. Muaranya, demi mendorong pertumbuhan ekonomi daerah melalui pengembangan KEK Palu.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru