Bank Mandiri Siapkan Uang Tunai Rp642 Miliar untuk Kebutuhan Lebaran di Sulawesi & Maluku

Tri Yari Kurniawan
Rabu, 03 Apr 2024 22:43
Bank Mandiri Siapkan Uang Tunai Rp642 Miliar untuk Kebutuhan Lebaran di Sulawesi & Maluku
PT Bank Mandiri Region X Sulawesi dan Maluku menggelar media gathering bersama awak media di Kota Makassar. Foto/Istimewa
Comment
Share
MAKASSAR - PT Bank Mandiri (Persero) Region X Sulawesi dan Maluku menyiapkan uang tunai sebesar Rp642 miliar untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama Ramadan dan Idul Fitri 1445 Hijriah.

Meski begitu, Bank Mandiri juga terus mendorong transaksi secara digital melalui beragam channel pembayaran, baik Livin maupun Kopra. Toh, lewat transaksi digital, semuanya lebih mudah. Mulai dari memesan tiket untuk transportasi hingga berbelanja.

"Untuk lebaran tahun ini, kami di Regional X Sulawesi dan Maluku sudah menyediakan uang tunai Rp642 miliar untuk memenuhi kebutuhan uang tunai masyarakat yang ingin berlebaran," kata Regional Operations Head Bank Mandiri Regional X Sulawesi dan Maluku, Edison Sitomorang, di sela acara media gathering, Rabu (3/4/2024).

"Tapi sebenarnya untuk masyarakat melakukan transaksi bisa 24 jam melalui digital channel Bank Mandiri. Misalnya Livin untuk melakukan pembayaran, transfer bisa sampai Rp300 juta. Lalu, beli tiket pesawat, tiket kereta api ya semuanya bisa lewat Livin. Jadi, sebenarnya kami siapkan Rp642 miliar itu untuk cadangan saja jika masyarakat butuh uang tunai," sambung Edison.

Pada kesempatan itu, Edison mengajak masyarakat untuk menggunakan transaksi digital karena lebih aman dan nyaman. Terlebih, Bank Mandiri sudah menyiapkan channel digital yang sangat lengkap. Di antaranya yakni platform Livin untuk individual dan Kopra untuk korporasi.

Adapun sejauh ini transaksi digital lewat Bank Mandiri sudah terbilang sangat tinggi. Mencapai 97 persen dari total transaksi.

Lebih jauh, Edison menyebut selama cuti dan libur lebaran, Bank Mandiri beroperasi secara terbatas. Di Sulsel, tidak ada kantor cabang yang buka, namun tetap ada unit yang buka secara internal. Tugasnya mendukung rekaman pihaknya yang mengelola mesin ATM.

Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sulawesi Selatan (Sulsel) menyiapkan uang kartal Rp5,5 triliun untuk memenuhi kebutuhan selama Ramadan dan Idul Fitri 1445 Hijriah.

Kepala Kantor Perwakilan BI Sulsel, Rizki Ernadi Wimanda, sebelumnya menyampaikan menyiapkan uang kartal Rp5,5 triliun untuk memenuhi kebutuhan selama Ramadan dan Idul Fitri 1445 Hijriah. Angka tersebut mengalami kenaikan dibandingkan tahun lalu sebesar Rp5,3 triliun atau naik 3,7 persen.

"Ya (peningkatan) karena ekonomi bertumbuh, sehingga kebutuhan masyarakat juga ikut tumbuh," kata Rizki.

Guna memenuhi kebutuhan uang kartal selama Ramadan dan Idul Fitri, BI Sulsel menyiapkan layanan kas keliling di 75 titik. Tersebar di sejumlah kabupaten/kota, seperti Makassar, Bone, Palopo, Parepare, dan Bulukumba, meski masih didominasi di ibukota provinsi.

Tidak hanya itu, BI juga menyiapkan layanan serupa di 12 titik instansi pemerintah daerah, seperti di kantor pemerintah daerah, markas Kodam, markas Lantamal dan markas Koopsau. Adapun penarikan uang kecil sudah mulai dilayani sejak 13 Maret hingga 5 April mendatang.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru