Dukung Makassar Kota Makan Enak, Gojek Luncurkan Koleksi Juara Lokal GoFood

Tri Yari Kurniawan
Selasa, 07 Mar 2023 15:53
Dukung Makassar Kota Makan Enak, Gojek Luncurkan Koleksi Juara Lokal GoFood
Suasana peluncuran Koleksi Juara Lokal GoFood di Outlet Bakso Ati Raja, Selasa (7/3/2023). Foto/Tri Yari Kurniawan
Comment
Share
MAKASSAR - Gojek, platform teknologi karya anak bangsa meluncurkan Koleksi Juara Lokal GoFood untuk mendukung program Makassar Kota Makan Enak. Lewat inovasi itu, Gojek mendorong UMKM bertumbuh, sekaligus mendukung ekosistem pariwisata sektor kuliner di Kota Daeng.

District Head Gojek Sulawesi, Daru Puji Utomo, menjelaskan kehadiran Koleksi Juara Lokal GoFood merupakan bagian dari inovasi Gojek pasca-pandemi. Di samping itu, upaya mendukung program Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar yang sedang berupaya mempopulerkan branding Makassar Kota Makan Enak.



Tahap awal, ada 350 merchant atau UMKM lokal yang masuk Koleksi Juara Lokal GoFood. Sajian kuliner itu sudah dikurasi sesuai kriteria yang telah ditetapkan. Daru menyebut jumlah UMKM yang terdaftar bisa bertambah atau diganti, bergantung dari kriteria yang telah ditentukan sebelumnya.

"Ini bagian dari komitmen GoFood untuk menjadi mitra pertumbuhan terbaik bagi UMKM di Makassar. Ini bagian dari inovasi yang terus dilakukan, juga sesuai dengan kebijakan dan strategi (pemerintah daerah) Kota Makassar untuk membangun Makassar Kota Makan Enak," kata dia, di sela peluncuran Koleksi Juara Lokal GoFood, Selasa (7/3/2023).

Pada hari peluncuran inovasi program tersebut, manajemen Gojek juga menyambangi beberapa merchant atau UMKM lokal unggulan. Di antaranya outlet Big Banana dan Bakso Ati Raja. Kedua merchant ini diketahui telah bergabung dengan ekosistem Gojek yakni GoFood sejak 2017 dan bisnisnya semakin berkembang.

Head of Regional Corporate Affairs Gojek Indonesia Timur, Guntur Arbiansyah, menambahkan setidaknya ada tiga kriteria bagi UMKM yang diakomodir masuk dalam Koleksi Juara Lokal GoFood. Pertama, kuliner khas Makassar atau memang UMKM lokal. Kedua, memiliki pertumbuhan bisnis yang baik dan ketiga, mempunyai keunikan tersendiri.

Kehadiran Koleksi Juara Lokal GoFood diakuinya bentuk dukungan Gojek untuk UMKM sekaligus mendukung program pemerintah daerah. Sejauh ini, jumlah merchant yang masuk ekosistem Gojek khususnya GoFood diketahui terus meningkat. Pertumbuhannya mencapai 45 persen, dimana data terakhir per akhir 2022 sudah mencapai 1 juta UMKM.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Makassar, Mohammad Roem, yang turut hadir mengakui, pentingnya peran platform digital dalam memberikan dorongan akses khusus agar UMKM mendapat jangkauan lebih maksimal ke calon pembeli. Diapresiasinya Gojek yang menjadi perusahaan pertama yang secara riil mendukung program Makassar Kota Makan Enak.

"Gojek yang pertama melakukan inisiatif ini dengan langsung mengangkat klasterisasi 350 UMKM dalam satu banner bisa diklik. Semua menunya ada dan itu mempermudah kita yang datang ke Makassar dan merasakan Makan Enak di Kota Makassar dengan segala keindahannya, baik itu di pantai dan tempat-tempat untuk makan enak lainnya," kata Roem.

Menurut dia, kehadiran Koleksi Juara Lokal GoFood sangat tepat untuk mendorong pertumbuhan UMKM lokal di sektor kuliner. Diharapkannya UMKM lokal dapat semakin eksis dan berdaya saing. Nah, Gojek diharapkannya mampu terus mendukung UMKM yang sudah semakin go digital sejak di masa pandemi.



Pemilik Big Banana, Indri Nova Lestari, mengapresiasi dukungan Gojek melalui GoFood yang telah mendorong pertumbuhan usahanya. Sejak bergabung dengan Gojek, usaha Big Banana semakin besar dan telah membuka cabang bukan hanya di Makassar, tapi juga ada di Pulau Jawa dan Kalimantan.

"Saat ini total sudah ada 16 (outlet). Kebanyakan di Makassar, sisanya ada di Gowa, lalu sudah ada juga di Jakarta dan Kalimantan," tuturnya.

Indri mendukung kehadiran Koleksi Juara Lokal GoFood yang semakin mempermudah UMKM lokal di bidang kuliner untuk dapat diakses oleh masyarakat. Pihaknya yakin usaha kuliner dapat terus berkembangan dengan didukung ekosistem digital yang telah disiapkan oleh Gojek melalui GoFood.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru