Edukasi Safety Riding Lindungi Diri & Pengendara Lain di Jalan Raya

Tri Yari Kurniawan
Jum'at, 23 Agu 2024 01:01
Edukasi Safety Riding Lindungi Diri & Pengendara Lain di Jalan Raya
Instruktur Safety Riding Astra Motor Sulawesi Selatan, Wanny, berfoto bersama peserta edukasi dan praktik safety riding di SMK Telkom Makassar. Foto/Istimewa
Comment
Share
MAKASSAR - Instruktur Safety Riding Astra Motor Sulawesi Selatan, Wanny, menekankan pentingnya edukasi dan praktik safety riding. Meski terkadang dianggap sepele, tapi hal itu memiliki manfaat besar. Dapat melindungi diri dan pengendara lain di jalan raya.

"Sebagian orang menganggap bahwa penerapan safety riding hanya untuk dirinya sendiri. Tapi, lebih besar dari itu, penerapan safety riding itu bisa melindungi diri sendiri dan pengendara lain di jalan raya. Kesadaran kolektif terkait safety riding itu krusial," kata Wanny, di sela acara safety riding di SMK Telkom Makassar, beberapa waktu lalu.

Ia juga menekankan edukasi dan praktik safety riding menjadi salah satu wujud Sinergi Bagi Negeri untuk membangun kesadaran berkendara dengan aman dan nyaman. Harapannya, mereka dapat menerapkan safety riding selama berkendara dengan sepeda motor di jalan raya.

"Mereka ini memiliki aktivitas yang cukup tinggi dengan sepeda motor untuk kegiatan sehari-hari. Karenanya, penguatan pengetahuan dan keterampilan perlu dilakukan, supaya mereka dapat berkendara dengan aman," ucapnya.

Menurut Wanny, Astra Motor Sulawesi Selatan memiliki komitmen kuat untuk membangun Generasi #Cari_Aman dan mewujudkan Safety Indonesia. Ia juga menegaskan bahwa edukasi safety riding menjadi salah satu upaya paling penting untuk menekan potensi kecelakaan di jalan raya.

Kegiatan edukasi dan praktik safety riding teranyar dari Astra Motor Sulsel sukses terselenggara di SMK Telkom Makassar, belum lama ini. Ratusan pelajar, guru, dan tenaga kependidikan ikut andil dalam acara tersebut.

Astra Motor Sulawesi Selatan mengerahkan instruktur safety riding andal untuk memperkuat pengetahuan dan keterampilan terkait #Cari_Aman di jalan raya selama berkendara sepeda motor. Mereka diberi materi pelatihan safety riding dengan kemasan yang interaktif, menyenangkan, dan materi kekinian.

Marketing Manager Astra Motor Sulselbar Kresna Murti menuturkan, selain materi penggunaan riding gear yang sesuai dan cara berkendara aman, peserta diberikan pemahaman terkait berbagai pola kecelakaan. Lalu, mereka juga diberikan pengetahuan tentang perilaku berkendara tidak aman yang berpotensi dilakukan pengendara.

"Dengan pengetahuan yang baik, keterampilan safety riding para pelajar, guru, dan tenaga kependidikan SMK Telkom Makassar diharapkan akan lebih optimal. Hal ini tentu bertujuan untuk menekan angka kecelakaan di jalan raya, mengingat para peserta ini memiliki mobilitas yang tinggi dengan sepeda motor untuk kegiatan sehari-hari," ucap Kresna.

Kresna juga berharap para pelajar, guru, dan tenaga kependidikan yang sudah mendapatkan edukasi safety riding dapat meneruskannya kepada lingkungan terkecil seperti keluarga. Menurut Kresna, untuk mewujudkan Safety Indonesia, peran masyarakat dalam menerapkan safety riding sangat krusial.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru