Tips Koneksi Jaringan Anti-Lemot ala IM3

Tim Sindomakassar
Kamis, 21 Mar 2024 12:22
Tips Koneksi Jaringan Anti-Lemot ala IM3
IM3 membagikan sejumlah tips terkait upaya optimalisasi koneksi alias jaringan agar tidak lemot. Foto/Dok Indosat
Comment
Share
MAKASSAR - Menghadapi masalah koneksi internet yang lambat di handphone dapat menjadi pengalaman yang menyebalkan. Terdapat sejumlah variabel yang mempengaruhi kondisi tersebut.

Untuk itu, kamu harus terlebih dulu mengetahui variabel yang mempengaruhi lemotnya jaringan internet di ponsel. Dilansir dari laman resminya, IM3 membagikan sejumlah tips untuk memastikan jaringan telepon seluler kamu menjadi anti-lemot:

1. Pastikan Punya Kuota Internet
Cek sisa kuota kamu melalui aplikasi myIM3, UMB *123# atau dengan cara ketik "USAGE" ke 363.

2. Refresh Jaringan
Cobalah melakukan refresh jaringan pada HP / Device kamu dengan cara mengaktifkan mode pesawat (airplane mode) pada HP / Device Anda selama 10-20 detik kemudian matikan kembali.

Pastikan memilih mode jaringan yang single network 2G/3G/4G only. Selanjutnya, cobalah di perangkat yang lain (apabila ada).

3. Cobalah Berpindah Ruangan/Lokasi
Apabila mengakses internet dari dalam ruangan/gedung, cobalah pindah ke bagian lain dari ruangan/edung yang memiliki koneksi jaringan lebih kuat. Misalnya, pindah dari basement ke area yang lebih terbuka.

4. Cek Aplikasi dan Situs Web
Cek dan pastikan apakah akses internet ini hanya terjadi di salah satu aplikasi/web saja atau ke semua layanan yang ada di ponsel. Apabila akses internet yang terasa lambat ini hanya muncul ketika mengakses salah satu aplikasi atau situs web, cek kembali apakah ada pengumumuan resmi dari penyedia aplikasi atau web bahwa sedang ada perbaikan atau pemeliharaan.

5. Restart Smartphone
Bila koneksi jaringan kamu lambat atau tidak normal, ada baiknya untuk menghidupkan kembali perangkat atau HP. Biasanya dengan cara itu, seluruh fitur termasuk jaringan HP dapat normal kembali.

6. Tutup Aplikasi yang Tidak Digunakan
Lemotnya koneksi internet terkadang disebabkan ketidakmampuan 'mesin' dari HP kamu untuk bekerja. Salah satu pemicunya adalah banyaknya aplikasi yang berjalan, padahal sebenarnya tidak digunakan.

Olehnya itu, bila ingin koneksi internet normal dan juga performa HP lebih maksimal, ada baiknya secara rutin memeriksa aplikasi yang berjalan. Bila tidak digunakan, sebaiknya untuk ditutup.

7. Lakukan Clear Chace

Clear cache memiliki banyak manfaat untuk HP kamu. Di antaranya yakni mempercepat loading data saat membuka browser dan aplikasi. Ini karena akses data dari cache jauh lebih cepat sehingga meningkatkan performa aplikasi secara keseluruhan.

Manfaat lain, yakni menghemat konsumsi kuota data internet lantaran perangkat tak perlu mengunduhnya dari server. Selain itu, juga mengurangi beban di back end dan melindunginya dari kinerja berat saat proses loading atau bahkan dari crash.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru