Mengenal IDCamp, Program Indosat Wujudkan Indonesia jadi Kekuatan Digital

Tim Sindomakassar
Kamis, 11 Apr 2024 17:53
Mengenal IDCamp, Program Indosat Wujudkan Indonesia jadi Kekuatan Digital
Mendukung upaya pemerintah, Indosat menggagas IDCamp, sebuah program beasiswa belajar coding secara online, untuk mencetak talenta digital Indonesia. Foto/Istimewa
Comment
Share
MAKASSAR - Indonesia sedang berbenah diri, menyiapkan seluruh masyarakat bertransformasi menjadi bangsa digital. Pemerintah sendiri terus berupaya untuk meningkatkan kualitas dan jumlah talenta digital Indonesia melalui berbagai program.

Mendukung upaya pemerintah, Indosat Ooredoo Hutchison (IOH atau Indosat) menggagas IDCamp (Indosat Digital Camp), sebuah program beasiswa belajar coding secara online, untuk mencetak talenta digital (developer & programmer) Indonesia bersertifikasi yang siap bersaing di era ekonomi global saat ini. Program ini merupakan salah satu program Corporate Social Responsibility (CSR) Indosat di pilar Pendidikan Digital.

Setidaknya dalam 4 tahun pelaksanaan, IDCamp telah memberikan manfaat kepada 296,600 talenta Indonesia. Pada kegiatan tersebut, sebanyak 182.543 talenta Indonesia mendapatkan beasiswa belajar coding secara online.

Sejumlah 3.401 orang berkompetisi melalui ajang IDCamp Developer Challenge yang terdiri dari 18.831 orang mengikuti roadshow kampus secara offline dan online serta 86.500 orang mengikuti roadshow komunitas (offline & online); 1.368 orang mengikuti kompetisi IDCamp HackData di mana 35 peserta termasuk pengembang disabilitas pada kegiatan IDCamp Bootcamp.

Selain itu, dari bidang pendidikan ada 517 guru mengikuti pelatihan pelatihan IDCamp untuk para pendidik. Secara keseluruhan, kegiatan tersebut telah menghasilkan lebih dari 55.000 talenta digital bersertifikasi, yang siap bersaing di industri.

Indosat telah berkomitmen terus memberikan pemberdayaan bermanfaat melalui kegiatan pemenuhan talenta digital. Secara langsung, developer dan programmer muda memperoleh sertifikasi dari kegiatan tersebut, sehingga dapat berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi digital Indonesia.

Program ini diharapkan dapat menjawab tantangan dalam menciptakan talenta digital Indonesia berkualitas yang mampu bersaing secara global di era ekonomi digital saat ini.

Harapannya akan ada banyak anak muda Indonesia memanfaatkan kesempatan tersebut untuk mengembangkan kreativitas hingga bisa memetakan kebutuhan skill sesuai daerah masing-masing. Dengan demikian, para peserta lulusan IDCamp bisa tersalurkan keahliannya di bidang developing dan programming.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru