Rangkaian KYF 2024: Awkarin & Warga Ikut Aksi Bersih Kanal Sinrijala

Tri Yari Kurniawan
Sabtu, 07 Sep 2024 17:03
Rangkaian KYF 2024: Awkarin & Warga Ikut Aksi Bersih Kanal Sinrijala
Selebgram beken, Karin Novilda Sulaiman atau Awkarin, ikut dalam aksi bersih-bersih Kanal Sinrijala, Kota Makassar, pada Sabtu (7/9/2024). Foto/Tri Yari Kurniawan
Comment
Share
MAKASSAR - Selebgram beken, Karin Novilda Sulaiman atau Awkarin, ikut dalam aksi bersih-bersih Kanal Sinrijala, Kelurahan Barabarayya Timur dan Barabarayya Selatan, Kota Makassar, pada Sabtu (7/9/2024). Bersama ratusan warga, komunitas, tim Kalla dan pemerintah setempat, Awkarin menyisir kanal untuk mengangkat tumpukan sampah.

Aksi bersih kanal ini merupakan rangkaian pelaksanaan Kalla Youth Fest (KFY) 2024. Social Movement #TemanLebihBaik itu didukung penuh Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Makassar.

Didampingi sang kekasih Abyakta Ernoult, Awkarin tampak bersemangat melakukan aksi bersih kanal. Ia mengaku senang dapat berpartisipasi pada kegiatan peduli lingkungan tersebut.

Menurut Awkarin, partisipasi menjadi volunteer pada aksi peduli lingkungan sering dilakoninya, bersama Sekolah Relawan dan kitabisa.com. Olehnya itu, saat mendapatkan undangan berpartisipasi dalam KYF 2024, dirinya mengaku senang.

Ia berharap aksi bersih-bersih Kanal Sinrijala yang dilakukannya bersama warga dan tim Kalla dapat memberikan edukasi, sekaligus menjadi contoh bagi daerah lainnya. Menurutnya, aksi menjaga lingkungan merupakan tanggung jawab bersama dan penting untuk saling mengingatkan.

"Semoga bisa menjadi contoh buat daerah lain yang mungkin belum teraba oleh KYF, ya buat melihat bahwa penting banget untuk menjaga kebersihan. Harus saling mengingatkan satu sama lain," katanya.

Rangkaian KYF 2024: Awkarin & Warga Ikut Aksi Bersih Kanal Sinrijala

Awkarin pun mengajak masyarakat untuk lebih peduli dengan lingkungan. Salah satunya dengan tidak membuang sampah sembarangan. Toh, aksi negatif itu berdampak luas, bukan hanya pada diri sendiri tapi juga lingkungan sekitar.

"Tinggal di lingkungan yang istilahnya kumuh karena diri sendiri tentunya nggak sehat. Bakal timbul penyakit dari banyaknya sampah di kali (kanal)," ujarnya.

Marketing Strategy & Digitalization Director Kalla, Zumadi SM Anwar, sebelumnya mengatakan KYF 2024 telah memasuki tahun keenam. Kali ini, mengusung tema Rave The Planet yang berfokus pada isu lingkungan dan keberlanjutan.

“Di KYF ini, kami ingin memberikan awarness pada anak muda terhadap isu lingkungan,” kata Zumadi.

Plt Kadispora Makassar, Andi Tenri Lengka, menyampaikan aksi bersih Kanal Sinrijala adalah hasil kolaborasi bersama KALLA. Kegiatan sosial bertajuk Appatasa ini merupakan bagian dari KYF 2024.

Ia pun mengapresiasi Kalla atas penyelenggaraan KYF setiap tahunnya. Kalla disebutnya senantiasa mendukung program dan kegiatan pemerintah daerah, salah satunya terkait isu lingkungan.

“Isu lingkungan juga menjadi poin penting bagi Pemkot Makassar. Kami harapkan, dapat selalu berkolaborasi pada kegiatan yang memberikan kontribusi baik untuk lingkungan dan juga masyarakat,” ucap dia.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru