Wisuda 2.479 Lulusan PPG, Rektor UNM Ingatkan Pentingnya Menjaga Komitmen

Luqman Zainuddin
Rabu, 27 Des 2023 16:50
Wisuda 2.479 Lulusan PPG, Rektor UNM Ingatkan Pentingnya Menjaga Komitmen
Rektor UNM Prof Husain Syam mewisuda 2.479 lulusan program PPG periode Desember 2023. Tahun ini UNM total melaksanakan tiga kali wisuda program PPG dengan total lulusan 7.364 orang. Foto: Istimewa
Comment
Share
MAKASSAR - Universitas Negeri Makassar (UNM) mewisuda sebanyak 2.479 orang lulusan program Pendidikan Profesi Guru (PPG) periode Desember 2023, Rabu pagi. Wisuda PPG ini merupakan yang ketiga kalinya dilaksanakan selama 2023.

Dari 2.479 lulusan, 2.151 di antaranya merupakan PPG dalam jabatan dan prajabatan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek). Sementara 328 lainnya merupakan PPG dalam jabatan Kementerian Agama (Kemenag).

Rektor UNM Prof Husain Syam menyampaikan, tahun ini UNM sudah mewisuda 7.364 lulusan PPG. Angka itu menurut Prof Husain adalah yang terbanyak jika dibandingkan dengan seluruh kampus yang menjalankan program PPG.

"UNM selalu diberi kepercayaan paling banyak mahasiswa PPG dari seluruh LPTK (lembaga pendidikan tenaga kependidikan) yang ada," ujar Prof Husain Syam.



Kepada wisudawan, Prof Husain Syam mengingatkan pentingnya seorang guru menjaga komitmen. Ia ingin para lulusan PPG menjaga komitmen agar semakin baik menjalankan tugas. Sebab, sebagai seorang pendidik, guru mengemban tugas yang mulia.

"Guru adalah tugas mulia, sangat luar biasa, kita bersyukur ditakdirkan menjadi guru, terimalah pekerjaan itu sebagai pekerjaan mulia, jadikanlah pekerjaan itu pekerjaan nomor satu, komitmenkan dalam diri," ujar Prof Husain.

Prof Husain percaya, hanya komitmen yang dapat mempertahankan gelar sebagai guru profesional, yang diraih para lulusan PPG hari ini. Komitmen pula yang bisa membuat guru mempertahankan bahkan meningkatkan kinerjanya.

"Komitmenlah bahwa ini adalah pekerjaan saya, yang akan menyelamatkan saya di dunia, berikut di akhirat. Kalau anda meninggal, semua ilmu yang diberikan kepada siswa akan menjadi amal jariyah. Inilah luar biasanya menjadi guru," pungkas Prof Husain.



Adapun lulusan terbaik program PPG dalam jabatan Kemendikbudristek masing-masing Nirwana dalam program studi Ilmu Pengetahuan Alam dengan IPK 3,97; Meilisa Usman dalam program studi Ilmu Pengetahuan Alam dengan IPK 3,94; dan Kawaluddin program pendidikan Teknik Komputer dan Informatika dengan IPK 3,94.

Lulusan terbaik PPG prajabatan Kemendikbudristek masing-masing Muhammad Jamal dalam program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar dengan IPK 3,95; St Shafwah Rafifah Saleh dalam program studi Bimbingan dan Konseling dengan IPK 3,94; dan Egi Setiawan dalam program studi Bahasa Inggris dengan IPK 3,93.

Sementara itu, lulusan terbaik PPG dalam jabatan Kementerian Agama masing-masing Madaniah dalam program studi Kimia dengan IPK 3,93; Mursalin dalam program studi Matematika dengan IPK 3,90; dan
Muhammad Sufyan dalam program studi Sosiologi dengan IPK 3,88.

Dalam wisuda tersebut tampak hadir Direktur PPG Direktorat Jendral GTK Kemendikbudristek Adhika Ganendra dan Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Agama Islam Kemenag Muh Zain.
(MAN)
Berita Terkait
Berita Terbaru